Follow Us

Bahas Lagu Dewa 19 yang Punya Aransemen Kuat, Ahmad Dhani: Gue Banyak Belajar dari Addie MS

Ferry Budi Saputra - Selasa, 24 Agustus 2021 | 14:05
Ahmad Dhani
HAI/Fariz

Ahmad Dhani

HAI-Online.com - Dalam mengaransemen lagu tentu Ahmad Dhani sudah nggak diragukan lagi kemampuannya. Bahkan, untuk lagu Dewa 19 banyak aransemen yang hingga kini masih terngiang di telinga.

Baca Juga: Masih Loyal Sama Dewa 19 Sampai Sekarang, Andra: Ada Ikatan yang Kuat, Gue Sama Dhani Merasa Sangat Cocok Bermain Musik

Berbicara soal aransemen musik, Ahmad Dhani mengaku dia banyak belajar dari Addie MS. Saat mengaransemen lagu Dewa 19, dia mengatakan perbedaan part interlude terinspirasi dari Addie MS.

"Gue banyak belajar dari Addie MS soal itu. Makanya kalo dengerin lagu-lagu Dewa, lagu misalnya chordnya gini, interlude-nya gini. Itu yang ngajarin di Indonesia namanya Addie MS," ungkap Ahmad Dhani dalam YouTube Video Legend.

Dia mengatakan cara itu diterapkannya juga dalam lagu Kuldesak yang chord pada reff dengan interludenya berbeda. Begitu juga dengan lagu Roman Picisan milik Dewa 19.

Musisi itu juga mengungkapkan lagu yang bagus bukan cuma lagunya yang diinget orang tapi aransemennya juga, seperti lagu Roman Picisan. Dia mengibaratkan ketika orang dengerin lagu itu, otomatis aransemennya akan melekat diingatan.

Ahmad Dhani mengungkapkan itu adalah ajaran Addie MS. Menurutnya, aransemen yang kuat membuat orang akan mengingat lagu tersebut.

Baca Juga: Jelasin Perbedaan Dewa 19 dengan Slank, Ahmad Dhani: Beda Pasar, Pasarnya Dewa yang Bisa Beli Tiket Mahal

"Misal lagu Pupus, orang inget intronya, orang inget interludenya. Itu kan nggak sama dengan lagunya, beda. Itu namanya aransemen yang bagus. Itu sampe ke otak orang, itu menurut Lilo (Kla Project)," ucapnya.

Dia secara terang-terangan mengakui belajar soal aransemen itu dari Addie MS. Meskipun, menurutnya Addie MS mungkin belajar dari musisi lainnya, tapi bagi dia interlude itu yang membuat aransemen lagu menjadi bagus.

Selain itu, dia juga membahas soal siapa yang lebih jenius antara Addie MS dan Andi Rianto. Menurutnya, pembahasan ini nggak bisa dilakukan dengan asumsi.

"Kalo kita mau bandingin Addie MS sama Andi Rianto. Addie MS tuh seumur Al udah produksi album dan aransemen string. Gue dengerin ke Al, nih album Utha Likumahuwa yang pertama. Aransemennya ini gila nih, ini seumur kamu udah kayak gini. Nah, Andi Rianto waktu seumur 23 ngapain dia, nah itu," tutur Ahmad Dhani.

Ternyata selama ini kehebatan Ahmad Dhani dalam membuat aransemen lagu Dewa 19 ada pengaruh dari Addie MS. Mungkin nggak hanya Ahmad Dhani, mungkin ada musisi lainnya juga yang terinspirasi dari komponis tersebut.

Baca Juga: Sebut Ahmad Dhani Sangat Penting di Hidupnya, Ari Lasso: Kalo Nggak Ketemu Dia Mungkin Beda Cerita Hidup Gue

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest