Follow Us

Dibilang Jenius Sama Banyak Orang, Andra: Gue Nggak Sejenius Itu, Teori Musik Nggak Tau Sama Sekali

Ferry Budi Saputra - Senin, 23 Agustus 2021 | 13:05
Andra Ramadhan
YouTube/ Andra Ramadhan

Andra Ramadhan

HAI-Online.com - Gitaris Dewa 19, Andra Ramadhan, namanya mungkin sudah nggak asing lagi bagi para penikmat musik. Seperti diketahui skillnya dalam bermain gitar sudah pasti nggak diragukan lagi.

Baca Juga: Andra Ngaku Awalnya Ingin Jadi Drummer, karena Tinggal di Kampung Akhirnya Pilih Main Gitar

Bahkan, banyak orang yang beranggapan dia adalah musisi yang jenius karena bisa menciptakan alunan gitar yang enak didengar. Bukti nyatanya bisa dilihat dari lagu-lagu Dewa 19 yang musiknya banyak terngiang-ngiang di telinga hingga sekarang.

Berbicara soal tanggapan orang mengenai kejeniusannya, Andra menyebut dirinya sebenarnya nggak jenius seperti yang dipikirkan orang-orang.

"Mungkin orang yang ngomong kayak gitu akan kecewa gitu setelah tau, gue nggak sejenius itu sebenarnya. Bahkan, gue kan karena otodidak, gue teori musik nggak tau sama sekali. Bahkan, chord itu gue nggak semuanya tau namanya," ungkap Andra dalam YouTube SiCepat Ekspres.

Dia mengaku ketika bikin lagu yang diandelin hanya kupingnya, Jadi kalau lagu itu enak dan pas di kuping, berarti emang enak lagunya.

"Gue andelin kuping sih, jadi kalo emang enak di kuping, yaudah gitu. Jadi kalau ditanya 'kuncinya apa?', nggak tau," ujarnya.

Baca Juga: Alasan Andra Masih Betah di Dewa 19 Meski Membentuk Andra & The Backbone, Ahmad Dhani: Dia Nggak Akan Dapatkan Kualitas Seperti di Dewa

Selain itu, Andra juga mengungkapkan bagaimana caranya agar nggak bosen dalam bermain musik meski lagu yang dibawakan ya cuma lagu itu-itu aja berulang kali.

Dia mengatakan menjaga mood itu paling penting. Maksudnya, ketika kebosanan itu melanda karena membawakan lagu yang sama berulang-ulang kali, maka si musisi harus tau caranya sendiri agar menjaga mood supaya nggak bosan.

"Mungkin sebelum manggung kita ritual apa kek, mungkin kita kuliner dulu makanan yang kita sukai, jadi kan happy senang, pas manggung senang, kayak gitu lah," tuturnya.

Selain itu, menurutnya bisa juga si musisi ini mengaransemen ulang lagunya supaya nggak bosen ketika dibawakan kembali.

Meski terbilang nggak tau soal teori musik atau nggak tau semua nama chord, tapi sangat salut sama Andra bisa ngebuat lagu jadi enak didengar. Wajar jika dia dibilang musisi yang jenius.

Baca Juga: Cerita Pertama Kali Lihat Ahmad Dhani tapi Belum Mengenalnya, Andra: Ini Anak Tengil Banget

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest