Follow Us

Andra Ngaku Awalnya Ingin Jadi Drummer, karena Tinggal di Kampung Akhirnya Pilih Main Gitar

Ferry Budi Saputra - Minggu, 22 Agustus 2021 | 16:35
Andra Ramadhan
YouTube/ Andra Ramadhan

Andra Ramadhan

HAI-Online.com - Gitaris Dewa 19, Andra Ramadhan menceritakan awal mula dia tertarik untuk bermain gitar ketika dia masih duduk di bangku SMP.

Baca Juga: Puji Kejeniusan Andra, Ahmad Dhani: Banyak Lagu Ciptaan Dia, Cuma Ketutup

Ternyata awalnya Andra mengaku alat musik pertama yang ingin dia pelajari ketika dia masih SMP kelas 1 bukanlah gitar melainkan drum.

Dia mengungkapkan alasannya kenapa nggak mencoba untuk menjadi pemain drum, "Karena gue tinggalnya di kampung terus nggak mungkin punya ruangan yang kedap gitu, orang tua bilang, 'nih pasti berisik tetangga pasti protes kalau kamu main drum', wah iya ya," tutur Andra mengingat kejadian saat itu.

Pendiri band Andra & The Backbone itu menjelaskan awalnya dia tertarik bermain gitar gara-gara melihat temannya yang main gitar pas lagi di sekolah.

"Kok asik ya kayaknya, karena bisa main pelan. Nggak berisik gitu, bisa pelan-pelan, bisa kenceng juga kalo mau. Kayaknya aku pengen nyobain deh belajar main gitar yaitu awalnya," ungkapnya dalam YouTube SiCepat Express.

Andra mengungkapkan kalau dia belajar gitar secara otodidak dengan membawakan lagu-lagu Indonesia seperti lagu dari Iwan Fals dan Ebiet G Ade, sekitar tahun 1986-1987.

Baca Juga: Pertama Kali Lihat Once Tampil Sebelum Gabung Dewa 19, Andra: Gila Suaranya...

Mengenai alasannya kenapa memilih gitar, dia cuma bilang kalau bermain gitar itu enak karena bisa sambil nyanyi. Kalau bermain drum dia menyebut susah kalau sambil bernyanyi dan nggak ada chordnya juga. Menurutnya, kalau main gitar itu seperti piano.

"Aku merasa kayak happy gitu. Ada sesuatu yang menyenangkan hati gitu kalo main gitar," ujarnya.

Selain itu, Andra juga mengungkapkan kenapa dia bisa loyal sama Dewa 19. Seperti diketahui gitaris tersebut sudah berada di Dewa 19 sejak dibentuk pertama kali bersama dengan anggota lainnya seperti Ahmad Dhani, Wawan, Erwin dan Ari Lasso.

"Ada ikatan yang kuat gitu aku dengan band ini. Dan aku sama Dhani yang juga pentolan Dewa itu merasa sangat cocok kalo bermain musik. Di musik, itu chemistry-nya sangat kuat. Karena band itu juga kan istilahnya seperti sebuah perkawinan, kalo chemistry-nya kuat ya pasti akan langgeng gitu," ungkapnya.

Andra juga mengakui kalau selama dia di Dewa 19 pastinya pernah ada konflik yang menimpa. Namun, karena dirinya merasa enjoy dan fun, makanya nggak pernah bosen bersama Dewa 19. Alasan itu yang membuat Andra masih tetap bertahan hingga kini dan nggak pernah kepikiran untuk cabut dari Dewa 19.

Baca Juga: Cerita Pertama Kali Lihat Ahmad Dhani tapi Belum Mengenalnya, Andra: Ini Anak Tengil Banget

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest