Follow Us

Wah Ternyata Salah Menuliskan HUT RI ke-76, Begini Penulisan Ucapan yang Benar

Ferry Budi Saputra - Selasa, 17 Agustus 2021 | 13:30
Logo HUT RI ke-76
dok. KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA REPUBLIK INDONESIA

Logo HUT RI ke-76

HAI-Online.com - Setiap tanggal 17 Agustus, pasti pernah lihat dong tulisan 'HUT RI ke-76'. Tapi tau nggak sih ternyata tulisan itu merupakan penulisan yang salah lho.

Baca Juga: 7 Lagu Indonesia Keren yang Cocok Banget Buat Diputar untuk Rayakan 17-an

Mengenai tulisan 'HUT RI ke-76', perlu kamu ketahui ternyata tulisan yang benar adalah HUT ke-76 RI. Kok bisa sih? Nah, ada penjelasannya di bawah ini.

Melansir Kompas.com, Penyelaras Bahasa Kompas, Nur Adji menuturkan, ungkapan HUT RI ke-76 dianggap salah karena menimbulkan penafsiran bahwa yang sedang berulang tahun adalah RI ke-76.

"Padahal, kita tahu, negara RI hanya ada satu, yakni RI yang sedang berumur 76 tahun," dikutip dari Harian Kompas, Sabtu (14/8/2021).

Adji menjelaskan bahwa penulisan Dirgahayu RI tanpa disertai dengan HUT. Sebab, dirgahayu dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti 'berumur panjang' atau '(semoga) panjang umur'.

"Penempatan kata dirgahayu yang berasal dari bahasa Sanskerta sebelum HUT menyebabkan maknanya tidak sesuai dengan maksud si pembuat ucapan," katanya.

"Dirgahayu HUT berarti '(semoga) panjang umur HUT’ atau '(semoga) HUT berumur panjang'," sambungnya. Oleh karena itu, kata dirgahayu lebih cocok disandingkan dengan RI yang berulang tahun, bukan HUT.

Adji juga mengatakan, ucapan dirgahayu dapat diikuti dengan kata 'kemerdekaan', sehingga menjadi Dirgahayu Kemerdekaan RI. Ungkapan tersebut menyiratkan doa agar kemerdekaan Indonesia berumur panjang.

Pegiat bahasa Ivan Lanin menjelaskan, salah kaprah penulisan ucapan terkait HUT RI ini adalah ketidaktahuan dan kurang cermat dalam penggabungan kata.

"Penyebab salah kaprah adalah tidak tahu makna kata dan kurang cermat dalam menyusun gabungan kata atau kalimat," kata Ivan kepada Kompas.com, Senin (16/8/2021).

Baca Juga: Perketat Aturan buat Pengguna Remaja, TikTok Bakal Terapkan 5 Hal Ini

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest