Follow Us

Kaset Super Mario Bros Keluaran 1985 Ini Terjual Rp28 Miliar

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 11 Agustus 2021 | 11:00
Kaset gim 'Super Mario Bros' keluaran tahun 1985 yang laku Rp28 miliar.
Heritage Auctions

Kaset gim 'Super Mario Bros' keluaran tahun 1985 yang laku Rp28 miliar.

HAI-Online.com – Hal-hal yang berbau nostalgia terbukti masih diminati orang hingga saat ini, terlebih jika barang tersebut punya nilai sejarah yang tinggi dan tentunya, sangat langka seperti gim Super Mario Bros.

Setelah sebelumnya ‘Super Mario Bros 3’ yang dilelang Heritage Auctions pada akhir November tahun lalu terjual seharga 156.000 dollar AS atau sekitar Rp2,2 miliar, kali ini gim buatan Nintendo seri lainnya kembali mencetak rekor baru.

Jauh melampaui rekor sebelumnya, kaset gim seri 'Super Mario Bros' rilisan 1985 kayaknya bakal mencatatkan sejarah sebagai kaset gim termahal yang pernah ada.

Kaset ini dibeli seseorang yang nggak diketahui identitasnya seharga 2 juta dollar AS atau sekitar Rp28,7 miliar.

Baca Juga: Bener-Bener Pensiun, Eks Drummer My Chemical Romance Bob Bryar Lelang Drum Terakhirnya

Yang menarik—dan mungkin bikin gim ini jadi semakin mahal, kondisi kaset tersebut masih disegel alias belum dibuka sejak 36 tahun lalu! Padahal saat dirilis tahun 1985, melansir CNET, gim tersebut hanya dijual seharga $25.

Rob Petrozzo, salah satu pendiri situs koleksi Rally mengonfirmasi kabar itu pada The New York Times.

Petrozzo mengatakan seorang pembeli anonim membeli kaset Super Mario Bros 1985 dalam kondisi segel dengan harga fantastis.

Wata Games, perusahaan yang bergerak di bidang pengukuran kualitas kaset video gim menyatakan, Super Mario Bros 1985 itu memiliki nilai 9,8 dari 10 (grade A+).

"Dipuji sebagai koleksi video gim vintage 'holy grail', #85Mario juga salah satu dari 14 varian cardboard 'Hangtab', versi kaset yang diproduksi secara massal paling awal," demikian bunyi keterangan di situs Rally.

Baca Juga: Gojira Rilis Album 'Fortitude', Hasil Lelang Amal Capai 4 Kali Lipat dari Target!

Menurut The Times, Rally bukanlah situs lelang melainkan platform yang membeli koleksi fisik dan memungkinkan masyarakat untuk berinvestasi dalam saham perusahaan.

Kaset gim Super Mario Bros 1985 awalnya dibeli Rally pada April 2020 seharga 140.000 dollar AS atau setara Rp2 miliar. Dengan terjualnya Super Mario Bros 1985 ini, kaset ini mencatatkan rekor sebagai kaset gim termahal yang pernah terjual.

Sebelumnya, rekor itu dipegang kaset gim The Legend of Zelda rilisan tahun 1987. Bulan lalu, kaset tersebut terjual di balai lelang seharga 870.000 dollar AS atau sekitar Rp12,5 miliar, dalam kondisi yang juga masih tersegel. (*)

Baca Juga: Bassist New Order Peter Hook Lelang Ratusan Memorabilianya di New Order & Joy Division

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest