Follow Us

Pengin Imun Kuat? Konsumsi Vit C Nggak Boleh Lebih dari 2000mg per Hari, Ini Jadinya Kalo Lebay!

Al Sobry - Minggu, 08 Agustus 2021 | 17:50
Minuman untuk daya tahan tubuh

Minuman untuk daya tahan tubuh

HAI-Online.com - Asupan nutrisi menjadi salah satu yang penting untuk mendukung imunitas kita, apalagi selama pandemi Covid-19 ini.

Menanggapi informasi mengenai konsumsi vitamin C berdosis tinggi, dr Gia pun mengatakan jika hal ini sampai berlebihan, bakal mengancam kesehatan.

“Sistem pencernaan manusia punya kemampuan terbatas untuk menyerap vitamin C. Berbagai studi memperlihatkan bahwa penyerapan vitamin C dalam tubuh mengalami penurunan hingga dosisnya tersisa kurang dari 50 persen," ungkap dr Gia dalam webinar bertajuk, “Hoaks, Fakta, Sains Pejuang Isoman Covid-19" yang digelar secara virtual pada Minggu ( 8/8/2021).

Dijelaskan dr. Gia, begitu jaringan tubuh mengalami kejenuhan vitamin C karena mengonsumsi secara berlebihan, maka sisanya akan terekskresi melalui urine.

"Tidak ada efek serius kecuali sifatnya yang asam itu, biasanya dapat bereaksi ke penderita maag, tapi umumnya bakal terbuang, kan sayang tuh jadi sebaiknya jangan kelebihan konsumsi Vitaminnya," jelas dr. Gia lagi.

Ditegaskannya juga, pada individu yang sehat, vitamin C berdosis tinggi mungkin tidak membahayakan tubuh, asalkan tidak melebihi batas dosis maksimal 2.000mg per hari.

"Kalo pun kelebihan vitamin c, minum air putih saja yang banyak, karena sifatnya air kan menetralkan secara alami," paparnya lagi.

Nah, umtik semain detail apa manfaat vit c dan teman-temannya, masih dalam pemaparan dr. Gia, disebutkan bahwa vitamin C merupakan sumber antioksidan, ia turut membentuk kekebalan tubuh agar mampu membunuh mikroba.

Baca Juga: Remaja Penerima Suntik Kosong Dipastikan Bukan Salah Satu Pelajar IPEKA Pluit

"Sementara, vitamin D berfungsi menghambat sel monosit untuk melawan berbagai jenis infeksi dan menyingkirkan sel-sel tubuh yang rusak. Juga penting nih dalam membangun daya tahan tubuh, Zinc berperan mencegah masuknya patogen/parasit dan mengurangi replikasi berbagai virus yang sudah terlanjur masuk ke dalam tubuh.

"Mengonsumsi kombinasi vitamin C, D dan Zinc menjadi salah satu solusi untuk mendapatkan asupan nutrisi tambahan yang aman, praktis dan efektif dalam membantu membangun imunitas tubuh," jelasnya.

Untuk itu, tidak hanya bagi penderita Covid-19 dan pasien isoman, tetapi siapa saja yang ingin tetap sehat konsumsilah 3 vitamin ini bersamaan.

Baca Juga: Studi Masturbasi Dapat Membangkitkan Sistem Kekebalan Tubuh, Ini Kata Ahli

Untungnya, suplemen daya tahan tubuh, Redoxon dslam setiap tablet effervescent-nya punya Triple Action mengandung 1.000 mg vitamin C, 400 IU vitamin D, dan 10 mg Zinc. Dengan kombinasi dan efek sinergis vitamin C, D dan Zinc, Redoxon Triple Action membantu menjaga daya tahan tubuh. Cobaim deh. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest