Follow Us

Iwan Fals Terjemahkan Rasa Gelisah di '16/01' Bareng Sandrayati Fay

Mohammad Farras Fauzi - Selasa, 10 Agustus 2021 | 13:28
Iwan Fals & Sandrayati Fay
Musica Studio

Iwan Fals & Sandrayati Fay

HAI-Online.com - Dua tahun belakangan, kolaborasi antar musisi di Indonesia seakan menjadi pemandangan yang cukup umum, mungkin untuk melepaskan dahaga dan hasrat kreatif yang tersimpan di masa pandemi.

Baca Juga: 10 Cover Lagu Dewa 19 oleh Musisi Indonesia Yang Perlu Disimak (Atau Simak Ulang)

Salah satu musisi yang rajin untuk mengeluarkan karya kolaborasi akhir-akhir ini adalah penyanyi folk kawakan, Iwan Fals.

Setelah beberapa bulan lalu mengungkap single cerdas bersama Syarikat Idola Remaja, kali ini Iwan Fals mengajak solois penuh talenta Sandrayati Fay untuk menggarap single berjudul '16/01' yang telah rilis minggu lalu (01/08).

Terpisah secara jarak - Sandrayati Fay saat ini berdiam di Islandia - nggak membuat proses kreatif kedua musisi lintas generasi ini menjadi stagnan, justru tema yang muncul menjadi hidup setelah diskusi yang melibatkan perspektif keduanya.

Dikenal sebagai dua penulis lagu handal, lagu ini diterjemahkan oleh Iwan dan Sandra sebagai bentuk kegelisahan masyarakat Indonesia saat ini, terutama dampak dari beberapa isu genting seperti penanganan COVID - 19 dan intrik politik yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Ada Hindia dan Kunto Aji di Single Baru Tradeto, 'Tentang Masa Depan/Satu Dua Langkah'

Dengarkan 16/01 di bawah:

Dibantu oleh putri dari Iwan Fals, Cikal, penulisan lirik untuk lagu '16/01' ini terbilang sangat lancar dan sesuai harapan, Sandrayati Fay yang banyak membantu untuk penulisan syair juga meluapkan kegembiraannya karena bisa diberi kesempatan untuk kolaborasi dengan salah satu legenda musik di Indonesia.

“Senang sekali, pertama kali dengar lagu ini saya langsung memikirkan kalo '16/01' sangat mencerminkan kondisi dunia saat ini," ujar Sandrayati.

Baca Juga: 3 Lagu yang Jadi Inspirasi Piyu Padi saat Bikin ‘Begitu Indah’, Salah Satunya 'Sweetest Thing'-nya U2

"Pertama kali Cikal (putri Iwan Fals) yang mencetuskan ide untuk mengajak saya ambil bagian untuk membantu dalam penulisan lirik. Semua kemudian keluar begitu saja secara natural setelah aku dengerin lagunya," tambahnya.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest