Follow Us

Mengenang Galang Rambu Anarki, Nggak Pernah Mau Disamain dengan Iwan Fals

Alvin Bahar - Kamis, 18 Februari 2021 | 16:09
Galang Rambu Anarki tampil di Musik Teknik Jayabaya, satu bulan sebelum kepergiannya.
Majalah Hai

Galang Rambu Anarki tampil di Musik Teknik Jayabaya, satu bulan sebelum kepergiannya.

HAI-ONLINE.COM - Sebuah berita menyenta kdatang dari kediaman Iwan Fals, 1997 silam. Si cikal Galang Rambu Anarki, salah seorang personel grup Bunga, meninggal dunia di kamarnya di lantai atas rumah di kawasan Bintaro.

Sosok Galang Rambu Anarki memang masih teringat dalam ingatan, khususnya mereka yang besar di era-90an.Ia adalah putra Iwan Fals, mengikuti jejaknya, tapi nggak pernah mau disamakan dengan sang ayah.

Nggak heran ketika ada berita soal anak artis bernama unik, Galang Rambu Anarki pun trending lagi."Saya adalah saya, dan Iwan Fals adalah Iwan Fals!" tegasnya pada 15 Maret 1997, sekitar sebulan sebelum ia wafat, kepada HAI.Buktinya, aliran musik yang ia bawakan bersama sekelompok temannya sangat berbeda dengan Bang Iwan.

Dari gaya dan musik band Galang, Bunga, terlihat kalo remaja itu ngefans sama grunge.

Awalnya, Bunga bisa dibilang nggak sukses di industri musik.

Entah ada kaitannya atau tidak, setelah kematiannya, nama Bunga mendadak melejit.

Rekamannya laris dibeli orang, order manggung pun mengalir.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Band Emo Asal Bandung yang Tumbuh dari Berbagai Generasi

Tapi suka atau tidak, produser mereka nampak memang memanfaatkan betul momentum mengharukan ini.

Padahal sebelumnya album perdana Bunga sempat lama nggak disentuh.

Begitulah yang namanya bisnis.

Ada satu hal lain yang ditinggalkannya. Galang telah menyiapkan sebuah proyek musik yang masih dirahasiakan, yang menurutnya superaneh.Seaneh penampilannya sewaktu tampil bersama band Bunga di acara Musik Teknik Jayabaya.Sekadar tahu saja, Galang waktu itu mengenakan kaos dengan coreng-moreng bertuliskan Dosa. Bibirnya dipoles lipstik hitam.Diduga, proyek musik tersebut adalah band ketiganya yang sebelum ia wafat lagi intens latihan.

Galang punya band hardcoreSehari sebelum meninggal, Galang sempat latihan bersama Borr, bandnya terbarunya, di studio One Feel, jalan Fatmawati Gg. Pretty Sister No. 17 A, Jakarta Selatan."Mereka mem-booking studio dari jam 19.00. Tapi karena masih menunggu personel Borr lain yang seluruhnya berjumlah lima orang, latihan jadi molor. Mulai jam 20.30 sampai jam 22.00," jelas Hendi Indrasari, operator yang menset peralatan di studio itu.Borr adalah band ketiga Galang, setelah Bunga dan Sangkakala. Menurut Hendi, Borr adalah band yang beraliran hardcore.Di sini Galang cuma jadi vokalis, nggak sekaligus main gitar seperti di Bunga dan Sangkakala.

Galang Rambu Anarki tampil di Musik Teknik Jayabaya, satu bulan sebelum kepergiannya.
Majalah Hai

Galang Rambu Anarki tampil di Musik Teknik Jayabaya, satu bulan sebelum kepergiannya.

Di usianya yang masih begitu muda, Galang telah berani memilih untuk meninggalkan sekolah demi meneruskan jalan yang serupa dengan sang papa (begitu ia memanggil Iwan).Ia wafat pada Jumat, 25 April 1997. Usianya baru 15 tahun.Sayang proyek Borr tersebut belum pernah kedengeran seperti apa sampai sekarang.Selamat jalan, Galang!Sumber: "Galang Rambu Anarki: Akhir Sebuah Proyek Superaneh" yang terbit di Majalah HAI edisi 17/XXI/199

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest