Follow Us

Sering Overthinking? Coba 4 Tips Simpel Ini untuk Mengatasinya 

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 01 Agustus 2021 | 20:36
Ilustrasi overthinking di malam hari.
Wikimedia

Ilustrasi overthinking di malam hari.

HAI-Online.com – Overthinking merupakan kebiasaan memikirkan sesuatu secara berlebihan yang meski kedengarannya sederhana, tapi jika dibiarkan terus-menerus bisa mengganggu kualitas hidup kalian.

Pada umumnya, overthinking muncul saat kalian sedang mengalami masalah yang berat. Nah, kebiasaan itu berpengaruh buruk untuk kondisi kalian jika sampai hal-hal remeh pun kalian pikirkan secara terus-menerus.

Saat overthinking, tubuh akan melepaskan hormon stres yang dapat merusak sel dan kesehatan tubuh kalian. Akibatnya, kalian menjadi rentan mengalami sakit perut, radang lambung, dan lain sebagainya.

Nah biar nggak berlarut-larut, yuk simak empat solusi overthinking yang bisa kalian coba, merangkum laman Positivity Blog, Minggu (1/8/2021).

Baca Juga: Benarkan Generasi Milenial Rentan Stres? Ini Kata Psikiater UNAIR

1. Tetapkan deadline

Overthinking membuat kalian kesulitan untuk menentukan keputusan. Termasuk keputusan untuk hal-hal remeh. Supaya hal itu nggak terus terjadi, cobalah untuk menetapkan batas waktu atau deadline.

Cobalah untuk membagi keputusan menjadi dua tipe, yaitu keputusan besar dan keputusan kecil. Untuk keputusan kecil, seperti membalas pesan, tentukan deadline selama 30 detik. Untuk keputusan besar, coba tentukan dalam waktu 30 menit.

2. Sadari hal yang nggak bisa kalian Kontrol

Cara mengatasi overthinking selanjutnya adalah sadari bahwa kalian nggak bisa mengontrol semua hal. Mungkin ada ketakutan dalam diri kalian pada kegagalan atau membuat kesalahan. Namun, ketakutan itu adalah hal yang normal.

Kalian bisa fokus pada hal-hal yang bisa kalian kontrol. Misalnya, kalian nggak ingin gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi. Daripada memikirkan kegagalan yang belum pasti terjadi, kalian cukup fokus pada persiapan diri dengan belajar materi ujian.

Baca Juga: Jangan Berlarut-larut dalam Kesedihan, Ini 4 Tips Menghadapi Fase Quarter Life Crisis

Halaman Selanjutnya

3. Olahraga
1 2

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest