Follow Us

Jangan Berlarut-larut dalam Kesedihan, Ini 4 Tips Menghadapi Fase Quarter Life Crisis

Hanif Pandu Setiawan - Jumat, 23 Juli 2021 | 15:00
Ilustrasi sedih dan nggak ada motivasi.
hippopx

Ilustrasi sedih dan nggak ada motivasi.

HAI-Online.com – Kalian pasti udah nggak asing sama istilah quarter life crisis, sebuah fase kehidupan yang dirasain oleh mereka yang masuk usia 25 tahun ke atas.

Krisis ini muncul ketika kalian nggak dapat memenuhi ekspektasi seperti menikah, lulus, bekerja, memiliki uang melimpah, dan daftar yang seolah nggak ada habisnya.

Tuntutan ini pun menimbulkan perilaku khas pada dewasa usia 20-an seperti menghindari media sosial, mudah marah, dan tanpa sadar membandingkan diri dengan orang lain. Padahal tentunya kalian memiliki beragam keberuntungan dan kemampuan yang juga nggak dimiliki orang lain.

Usia 20-an kerap kali menjadi usia di mana kamu berjuang untuk mencari tahu jalan hidup yang tepat buatmu. Dalam perjalanannya, kamu pasti mengalami kebingungan, keraguan, dan ketidakpastian akan apa yang terjadi selanjutnya.

Fenomena ini sering kamu dengar sebagai fase quarter-life crisis (QLC), yaitu krisis yang biasanya dialami oleh seseorang saat berusia 20-an dan menimbulkan kecemasan akan arah hidup selanjutnya.

Nggak apa-apa kok kalau kamu mengalami QLC. Hal itu merupakan sesuatu yang sangat wajar. Memang, perubahan dalam hidup nggak dapat dihindari, tetapi bukan berarti kamu dapat langsung “terjun payung” begitu saja, 'kan?

Baca Juga: Ngerasa Nggak Punya Motivasi? Mungkin Lo Lagi Ngalamin ‘Quarter Life Crisis’, Yuk Kenali Tandanya

Nah menanggapi permasalahan ini, Psikolog Riliv, Prita Yulia Maharani, M.Psi, menyatakan bahwa orang-orang yang berada dalam fase QLC akan merasakan hal-hal tersebut dalam waktu yang lama, tetapi bukan untuk selamanya.

“Banyak orang cerita ke saya tentang masalah quarter-life crisis-nya. Saya bilang, semua itu pasti akan berlalu,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima HAI pada Jumat (22/7/2021).

Jadi, saat kamu mengalami atau memasuki QLC, kamu bisa melaukan hal-hal yang bisa bikin kamu kembali bersemangat dalam menjalani hidup barumu, alih-alih cuma berdiam diri dan merenungi fase ini.

Yuk simak empat hal yang bisa kalian terapkan saat memasuki fase quarter life crisis, sob!

1. Cari nilai hidup yang kamu pegang

Situasi yang sedang kamu hadapi sekarang adalah kehilangan arah dan tujuan hidup. Untuk mengatasi hal itu, ketahuilah dirimu secara lebih dalam lagi.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest