Follow Us

Iya, Nama HAI Memang Singkatan, Tapi yang Benar Itu 'Hibur, Asuh, Ilmu'

Alvin Bahar - Jumat, 23 Juli 2021 | 19:04
Segala pertanyaan soal singkatan HAI, yang merupakan Hibur, Asuh, Ilmu
HAI

Segala pertanyaan soal singkatan HAI, yang merupakan Hibur, Asuh, Ilmu

HAI-ONLINE.COM - Beberapa hari ini, saya punya kesibukan baru: ngejawabin orang yang nanya "Bener ya Vin kalo HAI itu singkatan?" dan saya selalu jawab dengan senang hati, serta membenarkan.

Tapi beberapa kali juga ada yang bikin bingung. Setelah saya bilang nama HAI memang singkatan, mereka lanjut nanya "Oh, singkatan dari 'Hiburan, Amal, dan Ilmu,' ya?"

Sejak kerja di HAI pada 2012, nggak pernah sama sekali saya dengar singkatan HAI adalah 'Hiburan, Amal, dan Ilmu.' Yang saya tau dari senior-senior sih, HAI adalah singkatan dari 'Hibur, Asuh, Ilmu.'

Setelah diusut, ternyata banyaknya orang yang nanya singkatan HAI ini (termasuk di medsos kami) ternyata karena secuit tweet.

Adalah akun @RadinangHilman yang menyebarkannya. Tertulis di sebuah buku, HAI adalah singkatan dari 'Hiburan, Amal, dan Ilmu.'

Well, sejarah HAI yang panjang bikin saya bertanya lagi. Saya sih yakin kalo singkatannya adalah 'Hibur, Asuh, Ilmu.' Tapi demi mastiin mana yang bener, arsip HAI pun saya buka.

Baca Juga: 5 Logo HAI dari Awal sampai Sekarang

Dugaan saya benar. Nyari 'Hiburan, Amal, dan Ilmu', 0 results di mesin arsip HAI. Namun kalo search 'Hibur, Asuh, Ilmu' ada beberapa lembar majalah dari masa lalu yang ngebahas ini.

Tertulis di HAI edisi 46, tahun 1990, H.A.I adalah singkatan dari Hibur, Asuh, dan Ilmu.

Berikut saya copy artikel tersebut: "Apalah artinya nama," kata Shakespeare, pujangga beken itu. Bagi Shakespeare, mungkin nama itu tak perlu, Karena yang lebih penting, siapa yang memakai nama itu.

"Apalah artinya sesuatu tanpa nama," kata kita. Boleh saja berpendapat begitu. Karena adakah sesuatu yang tanpa nama? Kendati sesuatu itu lebih dulu ada, baru namanya menyusul. Sesuatu di sini, antara lain bisa berarti sikap, maksud hati, panduan langkah berayun.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest