Follow Us

Survei Microsoft Sebut Netizen Makin Nggak Sopan Selama Pandemi

Hanif Pandu Setiawan - Kamis, 22 Juli 2021 | 20:00
Ilustrasi menggunakan media sosial di ponsel.
PIXABAY/JESHOOTS-COM

Ilustrasi menggunakan media sosial di ponsel.

HAI-Online.com – Pandemi Covid-19 yang udah berlangsung selaman setahun lebih terbukti nggak cuma berpengaruh pada kehidupan manusia di dunia nyata, tetapi juga di dunia maya.

Hasil dari survei terbaru Digital Civility Index (DCI) yang dilakukan oleh Microsoft, dan dipublikasi baru-baru ini mengungkapkan, membuat orang-orang menjadi lebih nggak sopan ketika berinteraksi di dunia maya.

Laporan DCI kali ini sendiri berfokus pada efek pandemi global terhadap kesopanan online.

Baca Juga: Lagu Kangen Versi Yura Yunita Dosebut Ahmad Dhani Bisa Ngalahin Versi Penyanyi Tahun 2000an

Ternyata hasilnya, mayoritas 82 persen dari responden yang disurvei, percaya bahwa tingkat kesopanan online memburuk selama pandemi Covid-19 ini.

Kesopanan online yang memburuk ini juga terlihat dari meningkatnya serangan pribadi yang diterima atau disaksikan oleh netizen atau warganet.

Pada 2021 ini, 54 persen responden mengaku telah mengalami atau menyaksikan serangan atau komentar negatif di internet. Angka ini naik tipis dari 2020 yang sebesar 53 persen.

Nggak hanya itu, tingkat toleransi di dunia online juga memburuk. Selama pandemi setahun terakhir ini, sebanyak 59 persen responden percaya bahwa orang-orang menjadi kurang toleran di internet, naik dari 54 persen di tahun 2020.

Pandemi juga membuat netizen semakin melampiaskan rasa frustasi mereka secara online, setidaknya begitulah kata 67 persen responden survei.

Hasil lain dari survei DCI Microsoft ini juga menyebut bahwa rasa kebersamaan dalam komunitas turun 12 persen, dari 62 persen di 2020 menjadi 50 persen di 2021.

Parahnya lagi, rasa saling mendorong, berkumpul, dan terhubung antar sesama warganet menurun selama pandemi ini.

Kabar baiknya, penyebaran misinformasi menurun

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest