Follow Us

Ramai di TikTok soal Benua Australia Bergerak ke Indonesia, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 20 Juli 2021 | 10:10
Pergerakan Benua Australia ke wilayah Indonesia sebenarnya udah terjadi sejak lama.
Tangkapan layar Google Maps

Pergerakan Benua Australia ke wilayah Indonesia sebenarnya udah terjadi sejak lama.

HAI-Online.com – Postingan mengenai semakin mendekatnya Benua Australia ke Indonesia belakangan ini viral di TikTok. Adalah akun dengan username @virgaraditya yang mengunggah sebuah video penjelasan tentang Benua Australia yang terus bergerak ke utara.

Dalam videonya tersebut, ia juga melampirkan narasi yang menjelaskan bahwa hal tersebut terjadi karena lempeng bumi yang saling bertabrakan.

Baca Juga: Pelajar SMP Ditemukan Tewas di Toilet Sekolah, Senior Ditangkap Diduga Pelaku Pembunuhan

Guys benua Australia terus bergerak ke utara mendekati Indonesia. Kira-kira yang akan terjadi apa ya?

Bergesernya benua Australia ini disebabkan oleh lempeng bumi yang saling bertabrakan. Selain lempeng Australia yang terus bergerak lempeng Asia Pasifik ternyata juga bergerak 11 cm setiap tahunnya.

Berdasarkan penelitian benua Australia terus bergerak ke utara mendekati Indonesia 7 cm setiap tahunnya. Dan jika kedua lempeng itu bertabrakan tentunya bakal ngakibatin suatu gempa yang sangat besar.

Salah satunya gempa yang pernah terjadi akibat tabrakan dua lempeng bumi adalah Marcquarie yang berada di antara Selandia Baru dan Benua Antartika dengan kekuatan 8,1 SR,” paparnya.

Baca Juga: Meteor Fireball Jatuh di Langit Yogyakarta, Ini Penjelasan Ahli

Namun, benarkah Benua Australia semakin bergerak ke Indonesia seperti yang dijelaskan dalam video TikTok di atas? Nah biar nggak salah paham, yuk simak penjelasan dari ahlinya.

Perlu waktu jutaan tahun untuk sampai ke wilayah Indonesia

Ternyata fenomena mendekatnya Benua Australia ke wilayah Indonesia udah berlangsung sejak jutaan tahun silam dalam orde milimeter (mm) per tahun lho, sob. Jadi, perlu perlu waktu jutaan tahun untuk akhirnya Benua Australia benar-benar sampai di wilayah Indonesia.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest