Follow Us

Meteor Fireball Jatuh di Langit Yogyakarta, Ini Penjelasan Ahli

Hanif Pandu Setiawan - Rabu, 14 Juli 2021 | 20:24
Foto penampakan meteor yang diambil oleh Arya Kamandanu di langit Yogyakarta.
Tangkapan layar @aryo.akise/Instagram

Foto penampakan meteor yang diambil oleh Arya Kamandanu di langit Yogyakarta.

HAI-Online.com – Penampakan meteor terang di langit Yogyakarta ramai jadi perbincangan masyarakat setelah seorang netizen membagikan foto tersebut lewat akun Instagramnya.

Mengonfirmasi hal tersebut, Astronom Amatir Indonesia, Marufin Sudibyo membenarkan adanya penampakan meteor terang atau fireball di langit selatan Yogyakarta, pada pukul 21.30 WIB, Senin (12/7/2021).

"Ya. Banyak saksi mata melaporkan meskipun sejauh ini hanya ada satu citra fotografis yang memperlihatkan keberadaan meteor-terang tersebut," kata Marufin kepada Kompas.com, Selasa (13/7/2021).

Baca Juga: Mengintip Helikopter Mungil NASA yang Berhasil Terbang di Planet Mars, Ternyata Memuat Benda Ini

Foto penampakan fireball meteor ini sendiri diambil oleh Aryo Kamandanu yang mengambil lokasi di Ngoto, Bantul, Yogyakarta. Sebelumnya diketahui, sebuah unggahan foto mengenai kilatan cahaya di Yogyakarta kembali viral di media sosial.

Foto tersebut diunggah akun Instagram @Aryo.akise, yang mengaku menangkap momen tersebut dengan ponselnya.

Gambar meteor jatuh bercahaya terang atau fireball tersebut ia dapatkan ketika tengah berburu bintang-bintang menggunakan ponselnya pada, Senin (12/7/2021).

"Ini adalah versi penuh dari gambar yang saya coba semalam. Sebuah Star Trail yang cukup panjang awalnya adalah tujuan berburu saya malam itu. Saat saya asik asiknya tiduran di sawah, mata saya sekelebat menangkap kilatan cahaya fireball itu, cukup singkat, tidak sampai 6detikan dan menghilang," tulis dia.

Baca Juga: Foto Kilatan Cahaya di Gunung Merapi Viral, Benarkah Meteor? Ini Penjelasan LAPAN

Penampakan fireball meteor di Yogyakarta Marufin meyakini bahwa hasil tangkapan layar Aryo tersebut adalah meteor terang atau fireball karena gambar penampakan kilatan cahaya tersebut.

Meteor terang atau fireball meteor yang jatuh di Yogyakarta ini tampak 'berkepala' kemerah-merahan, mengindikasikan bahwa kecepatan geraknya relatif lambat sehingga kemungkinan besar berasal dari fragmen asteroid yang memasuki atmosfer Bumi.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest