Follow Us

Dibalik Lagu Maafkan Milik Slank yang Ternyata Alami Perubahan Judul, Bimbim: Wah Ini Liriknya Terlalu Vulgar

Ferry Budi Saputra - Kamis, 08 Juli 2021 | 14:50
Slank formasi 13
Slank.com

Slank formasi 13

HAI-Online.com - Kaka dan Bimbim menceritakan kisah dibalik lagu Maafkan milik Slank yang menjadikan nama mereka semakin melambung karena lagu tersebut.

Baca Juga: Cerita Dibalik Lagu Bang Bang Tut Milik Slank, dari Lagu Permainan hingga Jadi Anthem Demo

Dalam channel YouTube Slank Music pada tahun lalu, Bimbim mengungkapkan kalau lagu Maafkan aslinya merupakan lagu andalan Slank.

"Lagu Maafkan tuh lucky punch, peluru pertamanya Slank. Lucky punch, karena kita selalu nyebut calon lagu hits itu adalah peluru kita. Lagu jagoan yang kita pilih buat di setiap album," ucapnya.

Dia mengungkapkan kalau album pertama yang benar-benar lucky punch itu adalah lagu Maafkan. Bimbim menerangkan mengenai proses demo, lagu Maafkan bukan merupakan judul asli dan telah diubah.

"Awal masukin demo ke Mas Budi Soesatio itu judulnya Kupu Malamku. Lagu Maafkan itu liriknya Kupu Malamku. Begitu sudah jadi 10 lagu, sama Mas Budi dibilang 'Wah ini liriknya terlalu vulgar'," tuturnya.

Melanjutkan penjelasan Bimbim, Kaka mengatakan kalau judul saat itu harus diubah, "Pada saat itu Mas Budi menghiburnya adalah omongannya, 'Jangan sekarang deh lirik yang ini, simpen dulu', yaudah kita akhirnya cari akal. Tapi, Mas Budi waktu itu sebagai produser suka sama musiknya dan aransemennya," tambahnya.

Baca Juga: Cerita Slank Tur Konser di Amerika, Perjalanan 29 Hari ke 15 Kota Pake Bus Kenangan Chris Cornell

Bimbim menerangkan, sebelum take vokal, akhirnya kata-kata yang kurang pantas atau pas pada saat itu diubah. Kaka mengatakan, saat itu alasan liriknya diubah sedemikian rupa karena lagu itu akan diproyeksikan untuk jadi populer oleh produser.

"Tapi karena konsep kita Slank waktu itu yang album pertama adalah itu, jadi kita berusaha as pop as possible dengan pemilihan kata-kata yang jantan, galak, keras, akhirnya jadinya itu Maafkan," ujar Bimbim.

Sebegitu berharganya lagu Maafkan, Bimbim mengaku kalau tidak ada lagu itu nama Slank nggak mungkin populer. Senada dengan Bimbim, Kaka mengatakan lagu Maafkan masih menjadi kekuatan Slank, terbukti hingga kini masih powerful.

Bimbim kemudian menceritakan kalau lagu Maafkan menjadi video klip ketiga yang dirilis Slank, "Lagu pertama kan 'Gadis Sexy' sampai berapa versi, nggak naik-naik tuh albumnya. Nah, akhirnya kita bikin 'Memang', akhirnya di-cut. Gara-gara lagu Memang dicekal dari TVRI saat itu, akhirnya terpaksa kita bikin video klip lagu lucky punch (Maafkan) tersebut, eh meledak," ungkapnya.

Lagu Maafkan terdapat dalam album pertama Slank berjudul 'Suit...Suit...He...He...' (Gadis Sexy) yang rilis pada 1990. Total 10 lagu tedapat dalam album tersebut di antaranya Memang, Apatis Blues dan Kalah. (*)

Baca Juga: Bimbim dan Kaka Slank Ceritain Kenapa Potlot Bisa Jadi Tempat Tongkrongan, Ternyata Ini Alasannya

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest