Follow Us

Tetap Gratis, Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Nggak Jadi Dikenakan Biaya

Ferry Budi Saputra - Rabu, 16 Juni 2021 | 16:30
ATM Link di Kantor Cabang BRI Sragen.
Muhammad Idris/Kompas.com

ATM Link di Kantor Cabang BRI Sragen.

HAI-Online.com – Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) resmi membatalkan tarif penggunaan ATM Link. Seperti diberitakan sebelumnya, rencananya cek saldo atau tarik tunai di jaringan ATM Link akan dikenakan biaya pada 1 Juni 2021.

Baca Juga: Mulai 1 Juni Tarik Tunai dan Cek Saldo di ATM Link Nggak Gratis Lagi, Ini Besaran Biayanya

Kebijakan tersebut kini resmi ditunda seperti yang disampaikan pada Rapat Dengar antara Komisi VI DPR dengan BRI, BNI, BTN, dan BSI, Senin (14/6/2021), “Kami berempat (Bank Himbara) bersepakat tidak akan mengenakan biaya itu,” ujar Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Sunarso dalam rapat.

Dia mengatakan, polemik yang terjadi akibat rencana tersebut lebih banyak dibandingkan manfaat yang akan didapatkan bank. Sejatinya manfaat dari pengenaan tarif itu adalah sebagai sosialisasi agar masyarakat beralih transaksi ke mobile banking.

Dalam rapat, Sunarso juga menyampaikan seluruh bank lain sebenarnya juga mengenakan biaya ketika penarikan antar bank. Akan tetapi, sejauh ini hanya ATM link bank Himbara yang tak mengenakan biaya sejak pertama diperkenalkan.

“Jadi kalau ATM BRI itu dicolok ke ATMnya BNI itu sementara digratiskan,” ujar dia. Sebelumnya Bank Himbara berencana mengadakan penyesuaian tarif baru bagi nasabah yang akan mengecek saldo dan melakukan tarik tunai di jaringan ATM Link bank Himbara.

Baca Juga: Alasan Cek Saldo & Tarik Tunai di ATM Link Kena Biaya 2.500 - 5.000 Rupiah, Gratisnya sampai Mei 2021

Adapun kenaikan yang direncanakan sebelumnya jika dibandingkan dengan jaringan ATM lain di Indonesia sebenarnya lebih rendah. Selain itu, dalam rencana kenaikan tersebut, khusus cek saldo bagi penerima bansos juga tidak dikenakan biaya.

Besaran pengenaan tarif sebelumnya sudah dirinci yaitu biaya untuk cek saldo di ATM Link bank yang berbeda dengan nasabah akan dikenai biaya Rp 2.500. Kemudian, biaya tarik tunai dikenai Rp 5.000 dan transfer antarbank di ATM Link ditarik biaya Rp 4.000.

Dengan demikian, setelah ada keputusan pembatalan ini, maka tarik tunai maupun cek saldo di jaringan bank himbara tetap gratis. Tentu hal ini menjadi kabar baik bagi pengguna 4 bank tersebut.

Baca Juga: Masih Gratis, Pemberlakuan Tarif Cek Saldo dan Tunai ATM Link Ditunda

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resmi, Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Tetap Gratis"

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest