Follow Us

A. Nayaka Berubah di Single 'Orang Lain', Gandeng Musisi Hip-hop Malaysia dan Singapura

Alvin Bahar - Selasa, 01 Juni 2021 | 12:00
A. Nayaka
Universal Music Indonesia

A. Nayaka

HAI-ONLINE.COM - A. Nayaka merilis single baru berjudul 'Orang Lain' feat. SonaOne & YHB Sleepsalot. Di track ini Nayaka bercerita tentang sisi positif dari perubahan dan menggandeng dua talenta hip-hop dari negara tetangga, yakni SonaOne dari Malaysia dan YHB Sleepsalot asal Singapura.

“Berubah jadi orang lain dalam artian berevolusi ke level baru dalam hidup masing-masing dan menemukan versi diri sendiri yang lebih baik—itu adalah hal yang bagus,” ungkapnya tentang makna di balik lagunya.

“Terkadang, orang-orang menganggap bahwa perubahan—jika seseorang sudah berubah atau ketika seseorang sudah move on ke tahap selanjutnya dalam hidup—adalah hal yang buruk. Di track ini saya ingin bercerita tentang sisi positif dari perubahan," katanya.

Baca Juga: Rapper A. Nayaka Gabungin Aransemen Old School dan New School dalam Single Gimme The Keys

Cerita kolaborasi dengan dua talenta hip-hop dari negara tetangga, yakni SonaOne dari Malaysia dan YHB Sleepsalot asal Singapura pun terbilang menarik.

“Awalnya Sona mengirim beat yang kemudian saya isi dengan hook dan satu verse. Rupanya, Sona juga mengirim beat yang sama kepada YHB, dan YHB pun hanya mengisinya dengan satu verse. Sona lalu terpikir untuk menggabungkan semuanya. Jadi kolaborasi ini sangatlah organik dan tanpa tekanan sama sekali,” Nayaka memaparkan awal proses kerja sama lintas negara ini.

Sempat dikenal luas dengan sajak berbahasa Inggris, Nayaka tetap mempertahankan narasi dwibahasanya tetapi kali ini ia lebih banyak memberi penekanan ke bahasa ibu alias Bahasa Indonesia.

“Sebenarnya penggunaan Bahasa bukan pilihan yang disengaja. Lebih ke pesan mengenai ‘orang lain’ itu tadi. Dulu saya lebih banyak bermusik dalam bahasa Inggris, tetapi kali ini saya tetap dengan beat trap/hip-hop mencoba memperbanyak bahasa Indonesia. Intinya, tak peduli bagaimanapun kita berubah, pada dasarnya kita tetaplah diri kita sendiri. Sejujurnya saya baru menyatukan inti dan pesan di balik lagu ini setelah lagunya selesai,” tuturnya sambil terkekeh.

Nggak cuma narasi, ada juga perubahan positif yang dialami Nayaka adalah otonominya dalam berkarya.

Ia berkata, “Mayoritas aspek dari lagu ini saya yang kerjakan. Mixing dilakukan oleh Sona, mastering oleh saya dibantu rekan. Cover art saya buat bersama seorang teman, video lirik pun demikian. Saya justru senang bahwa tak banyak pihak ketiga yang terlibat dalam pengerjaan materi di rilisan ini, karena saya jadi benar-benar terlibat dalam segala aspek. Mungkin ini adalah proyek perdana di mana saya terjun langsung di hampir semua hal.”

“Orang Lain” dari musisi hip-hop satu ini, yang turut menampilkan YHB Sleepsalot dan SonaOne, telah tersedia di semua layanan musik digital pilihan Anda.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest