Follow Us

RATM, Patti Smith, & Julian Casablancas Tergabung Dalam 600 Artis yang Nyatakan Dukungan Terbuka Untuk Palestina

Mohammad Farras Fauzi - Jumat, 28 Mei 2021 | 14:31
Ilustrasi Konflik Israel - Palestina
Wikimedia

Ilustrasi Konflik Israel - Palestina

HAI-ONLINE.COM - Julian Casablancas, Rage Against The Machine dan Patti Smith adalah di antara 600 seniman yang telah menandatangani surat terbuka untuk mendukung hak-hak Palestina.

Selain itu beberapa musisi lain seperti Run The Jewels, Roger Waters dan Questlove juga secara terbuka menyatakan dukungan mereka melalui kampanye tagar #MusiciansforPalestine, sebuah dokumen surat terbuka yang menyerukan untuk mengakhiri pelanggaran hak asasi manusia kepada Palestina di wilayah yang diduduki dan di seluruh dunia. Hal ini mencuat setelah konflik Israel - Gaza yang terus berlangsung dan semakin menguat beberapa waktu ini.

Baca Juga: 3 Kejahatan Internasional Israel kepada Palestina Menurut Pakar Hukum Unair

Surat itu sendiri berisikan seruan untuk "keadilan, martabat, dan hak untuk menentukan nasib sendiri untuk rakyat Palestina dan semua yang memerangi perampasan kolonial dan kekerasan di seluruh planet ini."

Open Letter #MusiciansforPalestine
Twitter / @Musicians4PS

Open Letter #MusiciansforPalestine

Selain itu, surat ini juga berbunyi, "Kami menyerukan kepada anda semua untuk bergabung dengan kami dengan nama kalian dalam menolak untuk tampil di institusi budaya Israel yang terlibat, dengan berdiri teguh dalam dukungan Anda terhadap rakyat Palestina dan hak asasi manusia mereka untuk kedaulatan dan kebebasan. Kami percaya ini sangat penting untuk satu hari hidup di dunia tanpa pemisahan dan apartheid."

Surat itu berlanjut, "Kejahatan perang yang dilakukan oleh Israel selalu berkaca dalam keheningan, dan hari ini keheningan bukanlah suatu pilihan. Diam bukanlah suatu pilihan, karena pemboman brutal Israel terhadap Gaza yang menelan korban lebih dari 245 nyawa dalam beberapa minggu terakhir. Diam bukanlah pilihan karena penghuni Sheikh Jarrah di Yerusalem yang diduduki terus-menerus dipaksa keluar dari rumah mereka."

Baca Juga: Ozzy Osbourne: Lemmy Kilmister Adalah Sosok 'Rock God' Bagi Diriku

Surat terbuka ini diinisasi setelah beberapa seniman juga secara terbuka dan berbicara sebelumnya atas konflik yang baru-baru ini menyebabkan gencatan senjata. Rage Against The Machine juga sebelumnya secara terang-terangan mengungkapkan solidaritas mereka dengan warga Palestina yang menjadi korban serangkaian serangan udara Israel yang mematikan.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest