Follow Us

Penasaran di Mana Tempat Terpanas di Bumi? Peneliti Ungkap Lokasinya

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 25 Mei 2021 | 10:02
Menurut penelitian terbaru, Gurun Lut di Iran menjadi tempat terpanas di Bumi dengan suhu bisa mencapai 80,8 derajat celsius.
Hadi Karimi/Wikimedia

Menurut penelitian terbaru, Gurun Lut di Iran menjadi tempat terpanas di Bumi dengan suhu bisa mencapai 80,8 derajat celsius.

HAI-Online.com – Selama ini, Death Valley di California, Amerika sering disebut sebagai tempat terpanas di Bumi dengan suhu bisa mencapai 56,7 derajat Celsius.

Namun, baru-baru ini sebuah penelitian mengenai suhu permukaan paling ekstrem di Bumi mengungkapkan wilayah yang lebih panas daripada Death Valley.

Melansir Science Alert, peneliti menyebut jika Gurun Lut di Iran atau yang biasa disebut Dasht-e Lut dan Gurun Sonoran di Amerika Utara merupakan daerah yang memiliki suhu terpanas di Bumi saat ini.

Berdasarkan data satelit resolusi tinggi yang didapat dari dua dekade terakhir, kedua area itu terkadang bisa memanas hingga mencapai suhu 80,8 derajat Celsius. Kebayang kan gimana gerahnya?

Baca Juga: Ngerasa Belakangan Ini Cuaca Panas Banget? Ini Penjelasan dari BMKG

Namun, Gurun Lut menempati tempat pertama dengan suhu permukaan tanah tertinggi di dunia. Dalam rentang tahun 2002 dan 2019, hamparan pasir di tempat tersebut secara teratur mencapai titik terik yang ekstrem.

Hal ini kemungkinan terjadi karena gurun terletak di antara pegunungan yang kemudian memerangkap udara panas di atas bukit pasir, terutama bagian yang tertutup bagian vulkanik hitam.

Temuan ini sekaligus mendukung penelitian sebelumnya, yang diterbitkan pada 2011.

Dalam studi tersebut, disebutkan jika Gurun Lut adalah salah satu tempat paling panas di Bumi dan data awal pada 2005 menemukan wilayah tersebut mencapai suhu 70,7 derajat Celsius.

Sejak analisis pertama itu, NASA melakukan pendeteksian suhu dengan perangkat lunak satelitnya. Hasil dalam pembaharuan data tersebut, peneliti menemukan fakta bahwa suhu Gurun Lut sebenarnya 10 derajat lebih tinggi dari yang kita duga.

Sementara itu, Gurun Sonoran juga mencapai titik ekstrem yang sama panasnya, meski nggak seperti Gurun Lut.

Baca Juga: Nggak Cuma Bikin Otak Panas, NASA Catat 2020 Jadi Tahun dengan Suhu Terpanas

Source : Science Alert

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest