Follow Us

Keren Abis! The Linda Lindas, Band Punk Remaja Cewek dengan Pesan Anti Rasis

Mohammad Farras Fauzi - Sabtu, 22 Mei 2021 | 12:30
The Linda Lindas
Instagram / @the_linda_lindas

The Linda Lindas

HAI-ONLINE.COM - Dunia sedang dihadapkan pada sebuah pandemi berkepanjangan yang menelan banyak korban jiwa. Kondisi ini ternyata terbukti nggak membuat antar manusia menjadi semakin dekat dengan satu sama lain.

Justru kecurigaan yang mengakibatkan sebuah konflik menjadi makin mencuat, produk paling umumnya tentu adalah rasisme dan diskriminasi minoritas. Musik punk dikenal sebagai sebuah media yang ramah untuk suarakan perlawanan terhadap waham tersebut.

Baca Juga: Bintang Pop Remaja Olivia Rodrigo Resmi Rilis Debut Album 'SOUR'

Kali ini, sebuah band punk remaja cewek asal LA bernama The Linda Lindas menjadi sangat viral dan membuat haru banyak khalayak, setelah penampilan live mereka untuk lagu anti-rasis 'Racist Sexist Boy' dibagikan.

Dalam klip yang dibagikan di media sosial pada 20 Mei, The Linda Lindas tampil dengan tegas dan lugas di sebuah perpustakaan. Lagu ini ditulis oleh personel band, Mila dan Eloise setelah mengalami perlakuan diskriminasi oleh seorang anak laki-laki di sekolah mereka.

“Beberapa saat sebelum lockdown karena COVID - 19, seorang anak laki-laki di kelasku mendatangiku dan berkata bahwa ayahnya menyuruhnya untuk menjauh dari orang-orang China,” kata Mila (drummer) sebelum memainkan set-nya; simak di bawah deh, keren banget!

“Lalu aku malah mengatakan kepadanya kalo aku adalah orang China, langsung deh dia mundur menjauh dariku. Eloise dan aku menulis lagu ini berdasarkan pengalaman tersebut."

Baca Juga: Japanese Breakfast Rilis Video Musik untuk Single 'Savage Good Boy'

Klip itu mendapat begitu banyak daya respon positif, bahkan mendapatkan apresiasi maksimal dari Tom Morello dari Rage Against The Machine, yang memuji lagu ini sebagai "song of the day" pada halaman Twitter-nya.

Sangat terinspirasi oleh band-band punk berpandangan riot grrrl (Bikini Kill, Pussy Riot, Otoboke Beaver, etc), The Linda Lindas adalah sebuah harapan baru untuk punk - baik dari segi musikalitas ataupun pelayangan sebuah protes - yang dapat memberikan angin segar bagi para insan yang masih terbelenggu oleh kebencian.

Band ini sebelumnya bahkan dipilih sendiri oleh Bikini Kill untuk membuka konser mereka di Hollywood Palladium pada 2019. Hal itu menarik perhatian Amy Poehler, setelah itu mereka menyumbangkan musik untuk film Netflix terbarunya, Moxie. Simak penampilan mereka di film Moxie di bawah:

Surprisingly, The Linda Lindas ternyata juga telah merilis self-titled EP pada 2020 kemarin - yang sama sekali nggak buruk - bahkan dengan berani dapat kami katakan sebagai EP terbaik yang kami dengarkan pekan ini. Check it out.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest