Follow Us

Jarwo Klarifikasi 'Bubarnya' Naif: Belum Bubar, Berempat Belum Sepakat Semua!

Mohammad Farras Fauzi - Kamis, 20 Mei 2021 | 11:54
Naif
Budi - HAI/47/XXIX/21 November 2005

Naif

HAI-ONLINE.COM - Polemik soal bubarnya Naif masih mendapat perhatian lebih dari para penggemar dan khalayak ramai. Setelah Emil, Pepeng, dan David yang mulai angkat bicara di selama beberapa minggu terakhir, Jarwo sang gitaris akhirnya turun gunung untuk mengklarifikasi soal cerita di balik bubarnya salah satu band paling ikonik di Indonesia ini.

Baca Juga: David Bayu: Naif Berwacana Bubar Sejak Ulang Tahun ke-25 di Tahun Lalu

Masih cukup sejalan dengan cerita rekan-rekannya sebelum ini, Jarwo mengungkapkan curahan hatinya melalui kanal YouTube pribadinya di Jarwo Fekgitar.

Selama 40 menit, pria bernama asli Fajar Endra Taruna ini panjang lebar jelaskan kondisi internal Naif seutuhnya. Bahkan di 5 menit pertama, Jarwo lebih banyak terdiam sebelum khidmat menyanyikan 'Lagu Fajar' dari album Titik Cerah (2002), seakan mengenang masa kejayaannya bersama rekan-rekan retronya di Naif.

Setelah itu, Jarwo sebagai sosok terakhir yang belum angkat bicara secara antusias mulai menceritakan kondisi awal bagaimana Naif bisa berhenti berkarya setelah 26 tahun hadir di belantika musik nusantara.

"Jadi awalnya di tahun 2019 semua personel Naif bersama para manajemen lagi ada sebuah pertemuan di rumah Emil untuk membahas HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan hak paten brand Naif dan segala turunannya."

"Dari situlah muncul perbincangan yang mengarahkan Naif berada di kondisi seperti ini dan menjadi ramai."

"Pepeng awalnya yang mencetuskan sebuah pertanyaan, 'guys, kalo misal salah satu dari kita udah nggak bisa aktif lagi di band gimana, ya?' David pun seraya menimpali, 'kalo emang satu keluar ya bubar aja, lah."

"Menanggapi hal tersebut, Pepeng menimpali lagi,'Terus nanti keluarga gue gimana dong?". Emil pun berusaha meredam dengan berujar, 'Kalo emang masih ada yang bisa dikerjakan bareng Naif untuk membantu apapun, diterusin pun nggak apa-apa,' jelas Jarwo menjelaskan latar belakang wacana "bubarnya" Naif saat itu.

Meneruskan ceritanya, Jarwo menjelaskan posisinya dalam kondisi ini, "Dalam hal itu, gue sempat menimpali kalo kurang bijaksana kalo kita udah membicarakan hal ini sekarang, sementara kita masih aktif dan bahkan sedang membicarakan hak paten dan intelektual kita. Tapi kalo emang satu orang memutuskan untuk keluar dari Naif, gue harap ada pembicaraan antar personel. Duduk berempat dan saling berbicara."

Baca Juga: David Bayu Beberin Masalah Internal Band Yang Bikin Naif Bubar

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular