Follow Us

Waspada dan Kenali 3 Varian Baru Virus Corona yang Telah Masuk ke Indonesia

Al Sobry - Jumat, 07 Mei 2021 | 10:56
Waspada dan Kenali 3 Varian Baru Virus Corona yang Telah Masuk ke Indonesia

Waspada dan Kenali 3 Varian Baru Virus Corona yang Telah Masuk ke Indonesia

HAI-Online.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengonfirmasi adanya tiga varian baru virus corona yang telah masuk ke Indonesia.

Adapun varian-varian itu yakni varian B.1.1.7 asal Inggris, varian mutasi ganda B.1.617 asal India, dan varian B.1.351 asal Afrika Selatan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi mengungkapkan, varian baru ini juga telah merebak dari laporan 16 kasus positif Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Waduh, Varian Virus Corona B.1.617 India Ditemukan di 17 Negara

Menurutnya, varian baru ini termasuk sebagai kategori varian of concern atau mutasi yang memang sangat diperhatikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pasalnya, dampak penularan yang diakibatkan oleh ketiga varian baru itu dinilai lebih besar.

B.1.1.7

Dilansir dari Kompas.com (4/3/2021), virus corona varian B.1.1.17 dinilai lebih mudah menyebar dan lebih mematikan daripada varian sebelumnya.

Virus ini pertama kali terdeteksi di Inggris pada November 2020, dan saat ini setidaknya sudah menyebar di 76 negara lain di dunia.

Saat varian B.1.1.7 merebak di Inggris, para peneliti mendeteksi tanda-tanda bahwa orang yang terinfeksi varian baru ini memiliki risiko kematian yang lebih tinggi.

Sebuah analisis dari Skotlandia menunjukkan, kemungkinan orang yang terinfeksi B.1.1.7 yang dirawat di rumah sakit sebesar 65 persen lebih tinggi ketimbang mereka yang terinfeksi varian sebelumnya.

Sementara, mereka yang terkena B.1.1.7 juga memiliki kemungkinan 37 persen lebih tinggi untuk meninggal dunia.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest