Follow Us

Kuliah di ITB lewat Seleksi Mandiri Bisa Gratis UKT, Gimana Caranya?

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 04 Mei 2021 | 17:30
ITB
itb.ac.id

ITB

HAI-Online.com – Institut Teknologi Bandung (ITB) udah resmi membuka pendaftaran Seleksi Mandiri (SM) ITB tahun 2021 mulai Senin (3/5/2021) kemarin.

Lewat Jalur Seleksi Mandiri 2021 ini, ITB memberi kesempatan lebih luas bagi siswa lulusan SMA baik WNI dan WNA untuk mengikuti pendidikan program sarjana di ITB.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Jaka Sembiring mengungkapkan ITB memberikan pembebasan biaya pendaftaran bagi pendaftar dengan KIP-K atau keluarga kurang mampu setara dengan kriteria syarat KIP-K.

"Calon mahasiswa dapat dengan mengunggah kartu KIP-K atau keterangan tidak mampu,” kata Jaka, melansir laman ITB.

Baca Juga: Ingin Masuk Kampus Swasta? Ikuti 3 Langkah Ini untuk Cek Legalitasnya

Selain biaya pendaftaran, Jaka menegaskan bahwa ITB juga akan memberikan pembebasan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi calon mahasiswa kurang mampu yang lolos seleksi.

“Pertimbangan prestasi akademik yang tinggi adalah kriteria utama dan satu-satunya dalam proses penerimaan mahasiswa baru di ITB,” tegasnya.

Terbuka buat semua program studi

Meski jalur Seleksi Mandiri sebenarnya dirancang sebagai skema penerimaan mahasiswa baru program sarjana tanpa subsidi, ITB tetap membuka kesempatan bagi bagi calon mahasiswa nggak mampu secara ekonomi yang berprestasi tinggi.

Selain terbukanya kesempatan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu, jalur Seleksi Mandiri juga memberikan bentuk keringanan lain pada mahasiswa lain yang lolos seleksi.

“Dalam hal pembayaran Uang Kuliah Tunggal, ITB memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukannya secara mencicil,” terang Jaka.

Baca Juga: UGM Buka Pendaftaran Maba lewat 4 Jalur Prestasi, Apa Aja Syaratnya?

Source : itb.ac.id

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest