Follow Us

Viral Zaskia Mecca Kritik Cara Bangunkan Sahur Teriak Pakai Toa Masjid, Begini Tanggapan MUI

Ferry Budi Saputra - Minggu, 25 April 2021 | 12:30
Viral Zaskia Mecca Kritik Cara Bangunkan Sahur Teriak Pakai Toa Masjid, Begini Penjelasan MUI
Instagram @zaskiadyamecca

Viral Zaskia Mecca Kritik Cara Bangunkan Sahur Teriak Pakai Toa Masjid, Begini Penjelasan MUI

HAI-Online.com - Viral di media sosial soal artis Zaskia Adya Mecca yang mengkritik cara membangunkan sahur menggunakan toa masjid dengan cara berteriak-teriak.

Baca Juga: Iseng, Bapak-Bapak Ini Main Instagram buat Nyamar Jadi Cewek Cantik

Kritiknya itu diunggah melalui akun Instagramnya @zaskiadyamecca pada Jumat (23/4/2021). Zaskia menuliskan, "Cuma mau nanya ini bangunin model gini lagi HITS katanya?! Trus etis ga si pake toa masjid bangunin model gini?? Apalagi kita tinggal di Indonesia yang agamanya pun beragam.. Apa iya dengan begini jadi tidak menganggu yang lain tidak menjalankan Shaur?!," tulisnya.

Dalam video Zaskia tersebut, terdengar suara toa masjid yang membangunkan sahur dengan mula-mula menyapa masyarakat sekitar. Kemudian, orang tersebut mengajak para warga sekitar untuk segera sahur.

"Bapak-bapak, Ibu-ibu, Adik-adik warga RT 04 RW 09 dan sekitarnya, yang menjalankan ibadah puasa. Waktunya sahurrrrya, sahurrrya, sahurrrrrya! Sahur, sahur, sahur, sahur, sahur! Sahur, sahur, sahur, sahur, sahur, sahur! Bangun, bangun, bangun! Yang belum masak ayo bangun," demikian suara dalam video Zaskia Adya Mecca.

Melansir Kompas.com, Wakil Ketua MUI, Anwar Abbas menilai apa yang dilakukan orang tersebut untuk membangunkan sahur memiliki maksud yang baik.

Tetapi, pelaksanaannya tidak dilakukan dengan baik, "Menurut saya sebuah maksud yang baik itu kalau dilaksanakan juga harus dengan cara yang baik," kata Anwar saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (24/4/2021).

Anwar meminta kepada pengurus masjid hendaknya untuk memperhatikan hal-hal seperti ini. Alasannya agar dapat tercapai tujuan yang baik sehingga masyarakat sekitar senang dan tidak merasa terganggu.

Baca Juga: Viral Cowok Naik Karpet Terbang Kayak Aladdin di Jalan Raya, Ternyata Begini Triknya

"Caranya oleh pengurus masjid perlu dibuat standarisasinya, menyangkut kata-kata atau kalimatnya, volume loud speakernya, waktu penyampaiannya dan lainnya agar masyarakat senang dan tidak terganggu," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bina Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menyebut terdapat aturan terkait penggunaan pengeras suara masjid (toa).

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest