Follow Us

KRI Nanggala 402 Dinyatakan Tenggelam Setelah Pencarian 72 Jam, Sejumlah Barang Ditemukan

Ferry Budi Saputra - Minggu, 25 April 2021 | 11:05
KRI Nanggala-402 Dinyatakan Tenggelam Setelah Pencarian 72 Jam, Sejumlah Barang Ditemukan
Tribunnews

KRI Nanggala-402 Dinyatakan Tenggelam Setelah Pencarian 72 Jam, Sejumlah Barang Ditemukan

HAI-Online.com - TNI telah menyatakan KRI Nanggala 402 yang hilang di perairan utara Bali telah tenggelam (subsunk).

Baca Juga: Masih Hilang Kontak, Ahli Asing Sebut KRI Nanggala-402 Tenggelam Terlalu Dalam

Panglima TNI, Hadi Tjahjanto mengatakan, isyarat subsunk (tenggelam) untuk KRI Nanggala-402 dinyatakan setelah melakukan pencarian selama 72 jam.

"Pagi dini hari tadi merupakan batas akhir live support berupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala selama 72 jam. Unsur-unsur TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRTI Nanggala," ujar Hadi dalam konferensi pers, Sabtu (24/4/2021).

Adapun barang-barang yang ditemukan yaitu pelurus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, dan di botol oranye pelumas periskop kapal selam. Ditemukan juga alat yang dipakai ABK Nanggala untuk shalat dan spons untuk menahan panas pada presroom.

"Dengan adanya bukti otentik Nanggala, maka pada saat ini kita isyaratkan dari submiss menjadi subsunk," ujar Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono.

Baca Juga: Kebetulan yang Faedah, Awak KRI Nanggala-402 Dikunci Anaknya di Kamar, Tak Boleh Pergi Bertugas

Sebelumnya, kapal selam milik Indonesia yaitu KRI Nanggala-402 diketahui hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) dini hari. Kapal ini merupakan salah satu kapal selam yang resmi menjadi bagian dari alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indonesia pada 1981.

Berdasarkan keterangannya, KRI Nanggala-402 diperkirakan hilang di perairan sekitar 60 mil atau sekitar 95 kilometer dari utara Pulau Bali, sekitar pukul 03.00 waktu setempat.

Kapal selam ini diketahui membawa 53 orang yang terdiri dari 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata. Adapun kapal hilang kontak saat komandan pelatihan hendak memberikan otoritas penembakan terpedo. Sebanyak 21 KRI dan helikopter dikerahkan untuk mencari keberadaan KRI Nanggala-402.

Pernyataan ini tentu menjadi kabar duka bagi semua pihak. Bahkan, netizen ramai-ramai menyampaikan rasa belasungkawa mereka dan nggak sedikit yang mengunggah foto tentang KRI Nanggala 402 di media sosial.

Baca Juga: Kepingan dan Barang Milik KRI Nanggala-402 Ditemukan Tim SAR Sore Ini

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah Pencarian 72 Jam, KRI Nanggala-402 Dinyatakan Tenggelam, Sejumlah Barang Ditemukan"

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular