Follow Us

Kepingan dan Barang Milik KRI Nanggala-402 Ditemukan Tim SAR Sore Ini

Al Sobry - Sabtu, 24 April 2021 | 17:06
Kepingan dan Barang Milik KRI Nanggala-402 Ditemukan Tim SAR Sore Ini
Tribunnews

Kepingan dan Barang Milik KRI Nanggala-402 Ditemukan Tim SAR Sore Ini

HAI-Online.com - Kabar gembira baru saja diapdet Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) KRI Nanggala-402 pada Sabtu (24/4/2021) sore ini.

Sejumlah kepingan dan barang-barang di sekitar lokasi terakhir kapal selam tersebut turun ke dasar perairan Bali.

Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan barang-barang tersebut diyakini memang bagian atau komponen yang melekat di dalam KRI Nanggala.

Baca Juga: Israel Jadi Satu-satunya Negara yang Nggak Wajibkan Warganya Pakai Masker, Ini Alasannya

"Telah ditemukan beberapa kepingan dan barang-barang yang berada di sekitar lokasi terakhir kapal selam tersebut menyelam. Yang diyakini merupakan bagian atau komponen yang melekat di dalam kapal selam," kata Yudo dalam konferensi pers operasi pencarian KRI Nanggala, Sabtu ini.

Sementara menurut Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, kepingan yang ditemukan tim SAR diduga keras bagian dari body kapal KRI Nanggala-402.

Tak hanya kepikan badan kapal, botol air mineral berisi cairan juga dijadikan bumti otentik bagian dsri barang-barang milik awak kapal selam.

Salah satu yang ditunjukkan ke media antara lain botol kecil berisi cairan berwarna jingga yang dijelaskan untuk melumasi periskop.

"Ini biasanya ABK yang bertanggung jawab terhadap periskop itu membawa sebanyak ini, karena biasanya disimpan diletakkan dekat dengan periskop, ini adalah cadangan di dalam kapal selam dan ditempatkan di situ apabila terjadi kekeringan, maka ini akan dilumuri persikop tersebut," kata Hadi dalam yang sama.

Baca Juga: Kebetulan yang Faedah, Awak KRI Nanggala-402 Dikunci Anaknya di Kamar, Tak Boleh Pergi Bertugas

Kemudian komponen kedua yang ditunjukkan yakni pecahan komponen berbentuk melengkung berwarna abu-abu yang biasa untuk melindungi pipa dalam kapal selam.

Selain itu, disebutkan terdapat tulisan Korea Selatan pada komponen tersebut. Hal ini sesuai dengan KRI Nanggala yang riwayatnya pernah melakukan perbaikan kapal di Korea Selatan. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest