Follow Us

Kabar Gembira, Mahasiswa S1 Sekarang Bisa Daftar Beasiswa LPDP!

Hanif Pandu Setiawan - Sabtu, 24 April 2021 | 15:10
Beasiswa LPDP kini terbuka untuk mahasiswa S1.
LPDP

Beasiswa LPDP kini terbuka untuk mahasiswa S1.

HAI-Online.com – Ada kabar gembira nih buat kalian mahasiswa S1. Sebab, beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang sebelumnya hanya terbuka buat pembiayaan studi lanjut pada program Magister atau program Doktoral, saat ini dibuka juga buat mahasiswa S1.

Sehingga, mahasiswa atau calon mahasiswa bisa menikmati beasiswa ini dengan syarat ketat.

Nggak hanya itu beasiswa itu nantinya juga memiliki program pertukaran pelajar hingga kegiatan bersertifikat di industri.

Baca Juga: Selama Ini Kita Menyebut Pisang adalah Buah, Ternyata Sayur pun Bukan, Ini Jawabannya...

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjelaskan, ada beberapa perubahan yang diterapkan di LPDP.

Salah satunya pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang mengikuti program Kampus Merdeka, yakni beraktivitas di luar kampus setara dengan 20 Satuan Kredit Semester (SKS).

"Lalu, ada empat kegiatan Kampus Merdeka yang bisa dibiayai LPDP. Di antaranya kegiatan Kampus Mengajar, mahasiswa diminta mendampingi guru mengajar di sekolah pada daerah 3T, pelatihan bersertifikat di organisasi atau perguruan tinggi, pertukaran pelajar ke luar negeri dan dalam negeri," jelasnya dalam peluncuran kebijakan Merdeka Belajar episode 10 dengan tema Perluasan Program Beasiswa LPDP secara virtual, Kamis, (22/4/2021).

Baca Juga: Minat Masuk Politeknik Siber dan Sandi Negara? Ini Syarat-Syaratnya

Lebih lanjut, beasiswa LPDP juga bisa dimanfaatkan peserta untuk menempuh gelar S1 di dalam dan luar negeri. Namun kesempatan ini hanya diperuntukkan bagi siswa SMA berprestasi.

"Misalnya dia pemenang olimpiade akademik, seni, juara olahraga. Mereka bisa dapat," tutur Nadiem.

Beasiswa penuh juga diberikan kepada peserta yang ingin menempuh pendidikan pada program studi S1 yang berkaitan dengan Kepercayaan Kepada Tuhan yang Maha Esa sebagai penunjang beasiswa kebudayaan.

Kemudian program S2 dan S3 khusus untuk pelaku budaya di dalam dan luar negeri.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest