Follow Us

Tau Timun Suri yang Sering Dijadiin Es Buah? Cek Nih 4 Faktanya

Ferry Budi Saputra - Minggu, 18 April 2021 | 16:30
Tau Timun Suri yang Sering Dijadiin Es Buah? Cek Nih 4 Faktanya

Tau Timun Suri yang Sering Dijadiin Es Buah? Cek Nih 4 Faktanya

HAI-Online.com - Siapa nih yan suka makan es buah? Nah, pas banget karena pada artikel kali ini akan membahas salah satu buah yang sering digunakan untuk olahan es buah yaitu timun suri.

Baca Juga: Kronologi Pria yang Aniaya Perawat RS Siloam Sriwijaya, Pelaku Menampar hingga Minta Maaf

Sebelumnya udah pada tahu belum nih fakta-fakta tentang timun suri? Kalau belum, cek langsung nih beberapa fakta di bawah ini mengenai timun suri.

Melansir laman IPB University, Dosen IPB University dari Departemen Agronomi dan Hortikulura, Fakultas Pertanian, Dr. Deden Derajat Matra mengungkapkan 4 fakta tentang timun suri dan juga manfaatnya.

1. Bukan Timun

Nah hal yang pertama perlu kalian tahu yaitu timun suri sebenarnya bukan timun. Berdasarkan klasifikasi ilmiah, timun suri sebenarnya bukan termasuk timun. Ini karena morfologi, kariotipe kromosom dan struktur buah timun suri lebih dekat dengan melon.

2. Nggak Berbahaya Dikonsumsi Setiap Hari

Menurut Deden, mengonsumsi timun suri setiap hari nggak berbahaya. Ini karena timun suri memiliki kandungan gula yang didominasi dari jenis fruktosa. Fruktosa merupakan jenis gula yang aman sehingga bagus untuk kesehatan terutama untuk penderita diabetes dengan konsumsi normal.

Selain manfaatnya, Dr. Deden juga ajarkan cara aman mengkonsumsi timun suri. Semakin orange (warna timun suri) maka menunjukan kandungan betakaroten (sebagai provitamin A) lebih banyak.

Baca Juga: Layaknya Kisah Sleeping Beauty, Cewek Ini Terlelap Belasan Hari

3. Pertanda Matang

Saat menjumpainya di pasaran, kondisi timun suri yang merekah atau retak, biasanya juga dikatakan "meletek" dianggap sebagai pertanda matang dan lebih nikmat dibandingkan yang tidak meletek.

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest