Follow Us

Viral Modus Peretasan Lewat Link DM Instagram, Apa Beneran Bisa? Ini Penjelasan Pakar IT

Ferry Budi Saputra - Kamis, 15 April 2021 | 20:00
Viral Modus Peretasan Lewat Link DM Instagram, Apa Beneran Bisa? Ini Penjelasan Pakar IT
Tangkapan Layar Twitter

Viral Modus Peretasan Lewat Link DM Instagram, Apa Beneran Bisa? Ini Penjelasan Pakar IT

HAI-Online.com - Viral di media sosial Twitter, sebuah akun memposting adanya dugaan modus peretasan akun dengan mengirimkan link melalui direct messege (DM) Instagram.

Baca Juga: Mau Mulai Usaha Online Tapi Bingung Gimana Caranya? Simak Sejumlah Tips Jitunya Nih!

Tweet tersebut dibagikan oleh akun Twitter @wonie_manimani pada Senin (12/4/2021), yang tertulis, "Ini di dm gue mulai banyak yg send2 link lagi Wajah menangis kencang tolong kalo dm kalian ada yg send link kyk instagram gitu jangan dipencet! itu link scam acc kalian bisa ke hack (gue dah pernah) kalo semisal keburu kepencet langsung gantu password aja! bantu rt yanc agk.a berbahaya," tulis akun tersebut.

Hingga Kamis, (15/4/2021), tweet tersebut telah di-retwit sebanyak 6 ribu lebih dan disukai sebanyak 14 ribu lebih pengguna Twitter lainnya.

Lantas apakah benar adanya jika itu merupakan modus peretasan akun? Melansir Kompas.com, Security Digital Trainer, Yerry Niko Borang mengatakan modus dengan mengirim link ke DM pengguna Instagram termasuk tindakan phising.

Yerry menjelaskan, phising berasal dari kata "fishing" atau memancing. Artinya, oknum tersebut menaruh umpan agar orang (korban) mau mengklik link yang dikirimkannya, "Linknya bisa jadi apapun, bisa otomatis mengunduh software berbahaya, bisa mengarahkan ke situs yang meniru situs populer, misalnya Facebook," ujar Yerry.

"Sehingga kita (korban) didorong memasukkan username dan password untuk dicuri," lanjut dia. Selain itu, modus peretasan akun itu juga bisa dilakukan melalui email.

Yerry mengatakan, pelaku menggunakan modus ini dengan tujuan untuk mencuri data. Jika diarahkan untuk langsung mengunduh software berbahaya, maka laptop atau ponsel korban dapat langsung kena imbas atau diambil alih.

Bahkan, dampak dari phising ini adalah perangkat elektronik bisa langsung rusak atau crash. Oleh karena itu, Yerry mengimbau kepada masyarakat untuk nggak sembarangan klik suatu link apapun dari orang yang tidak dikenal.

Baca Juga: Waspada Bos, Polisi Virtual Udah Kirim Peringatan ke 200 Akun Medsos

"Bahkan dari kenalan dekatpun kan lebih baik jika ditanyakan dulu, link tersebut soal apa. Karena bisa saja program jahat sudah mengambil alih akun kenalan kita," ujar Yerry.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest