Follow Us

Beneran Nggak Sih, Fitur ‘Dark Mode’ Baik untuk Kesehatan Mata Kita?

Hanif Pandu Setiawan - Senin, 12 April 2021 | 20:30
Pengaturan dark mode pada iOS.
HAI

Pengaturan dark mode pada iOS.

HAI-Online.com – Jika melihat smartphone zaman sekarang, ‘dark mode’ atau mode gelap udah seperti menjadi fitur wajib, baik itu platform iOS maupun Android.

Mode gelap ini bertujuan untuk mengurangi paparan cahaya biru dan membantu mengatasi ketegangan mata yang muncul, jika kita melihat layar dalam waktu lama, khususnya pada malam hari atau di ruangan minim cahaya.

Eits, tapi beneran nggak sih, fungsi dark mode atau mode gelap dapat aman buat mata kita?

Melansir Healthline, penelitian soal apakah mode gelap dan blue light filtering bekerja untuk mengurangi paparan cahaya biru ini sendiri sebenarnya nggak terlalu meyakinkan.

Baca Juga: Tenggelam di Danau Selama Setahun, iPhone 11 Ini Masih Bisa Nyala!

Namun, tampaknya mode gelap lebih berfungsi untuk memengaruhi ritme tidur daripada ketegangan mata. Beberapa penelitian telah dilakukan secara khusus, tentang dampak mode gelap pada kemampuan orang untuk tertidur.

Studi tahun 2019 tentang pengaturan mode gelap pada merek smartphone Apple, nggak menunjukkan perbedaan mencolok dalam produksi melatonin antara orang yang menggunakan mode 'Night Shift' di iPad mereka sebelum tidur dengan orang yang nggak.

Lalu penelitian selanjutnya menyebutkan bahwa Night Shift saja nggak akan cukup untuk memulihkan ritme sirkadian, sementara menurunkan setelan kecerahan perangkat tampaknya sama saja dengan mode ini.

Namun American Academy of Ophthalmology (AAO), secara resmi merekomendasikan pengurangan silau dan kecerahan layar smartphone dengan cara mengubah pengaturan pada layar kalian dan mengatur perangkat ke dark mode atau night shift.

Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa mungkin ada hubungan antara blue light atau cahaya biru dengan seberapa cepat kalian dapat tertidur.

Sebuah studi kecil yang diterbitkan pada tahun 2017 mengungkap, bermain game di ponsel tepat sebelum tidur menyebabkan orang membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dibandingkan dengan mereka yang menggunakan blue light filtering di perangkat mereka.

Baca Juga: Mulai Besok Bikin dan Perpanjangan SIM Bisa Dilakukan Lewat Aplikasi Sinar, Begini Caranya!

Source : Healthline

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest