Follow Us

Viral Foto Pisang Raksasa Asal Papua, Benar atau Nggak Ya? Peneliti LIPI Ragu Akan Kebenarannya

Ferry Budi Saputra - Jumat, 09 April 2021 | 12:14
Viral Foto Pohon dan Pisang Raksasa Asal Papua, Benar atau Nggak Ya? Begini Kata Peneliti LIPI
Tangkapan Layar Twitter

Viral Foto Pohon dan Pisang Raksasa Asal Papua, Benar atau Nggak Ya? Begini Kata Peneliti LIPI

HAI-Online.com - Viral di media sosial Twitter ada pohon dan buah pisang raksasa. Terlihat pada sebuah unggahan, pohon dan buah pisang tersebut memiliki ukuran yang berbeda dengan yang biasa ditemui.

Baca Juga: Sendiri di Kuil Terasing, Inilah Sosok Biksu Paling Kesepian di Tibet

Foto pohon dan pisang raksasa tersebut diunggah oleh akun Twitter @herry_wl pada Selasa (6/4/2021). Dalam unggahannya tertulis, pisang tersebut bernama Musa ingens dan berasal dari Papua dan merupakan pisang terbesar di dunia.

Dalam postingan itu juga terlihat orang berada di samping pohon pisang, yang besarnya lebih dari ukuran normal. Hingga artikel ini ditulis, unggahan ini telah mendapat 1,6 ribu lebih like dan 600 lebih retweet.

Melansir Kompas.com, terkait foto pohon pisang dari Papua tersebut benar adanya seperti yang dikatakan oleh peneliti di Pusat Penelitian Biologi, bagian penelitian dan pemuliaan pisang Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Yuyu Suryasari.

"Pohonnya betul itu. Pohonnya benar dan itu memang tinggi besar, saya pernah lihat, saya pernah eksplorasi ke Papua dan ada," kata Yuyu. Akan tetapi, untuk buah pisang sebesar itu Yuyu meragukan foto yang diunggah di media sosial tersebut, "Tapi buahnya itu tidak benar itu. Buah yang sesungguhnya, Musa ingens itu berbiji, seperti halnya pisang-pisang lainnya yang berbiji," jelasnya.

Yuyu juga mengatakan, pisang Musa ingens berasal dari famili tumbuhan pisang atau Musaceae. Terdapat dua kategori famili pisang yang secara garis besar ada di dunia, yaitu pisang budidaya dan pisang liar. Musa ingens termasuk pisang liar dan bukan dari budidaya atau rekayasa genetik.

Baca Juga: Kayak Film Godzilla, Biawak Ini Bikin Toko di Thailand Porak-poranda

Sama seperti jenis pisang lainnya, Musa ingens masuk dalam famili Musaceae. Genusnya pun sama, hanya saja sectionnya yang berbeda. Section berbeda ini memiliki kromosom dasar yang berbeda pula.

Penyebab mengapa ukuran pohon Musa ingens lebih besar dari pohon pisang pada umumnya terkait dengan perbedaan kromosom, "Tinggi banget, mungkin mencapai 15 meter ya. Seingat saya tidak ada yang lebih besar dari itu. Kalau saya lihat sih," tutur Yuyu.

Yuyu juga membenarkan bahwa Musa ingens memang benar berasal dari Papua. "Papua Nugini, Papua, tempatnya memang di situ," katanya. Dia sendiri mengaku pernah melakukan eksplorasi Musa ingens pada 2012. Namun eksplorasinya baru sebatas pengumpulan data, sementara kajian mendetailnya belum ada.

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest