Follow Us

Facebook Umumkan Fitur Baru pada Kolom Komentar dan News Feed

Ferry Budi Saputra - Sabtu, 03 April 2021 | 21:00
Facebook Umumkan Fitur Baru pada Kolom Komentar dan News Feed
PIXABAY/FIRMBEE

Facebook Umumkan Fitur Baru pada Kolom Komentar dan News Feed

HAI-Online.com - Facebook mengumumkan fitur baru yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengatur dan mengontrol kolom komentar dan News Feed.

Baca Juga: Setelah 5 Tahun, Twitter Resmi Tutup Layanan Live Broadcast Periscope

Melansir Kompas.com, dalam keterangan di laman resmi, Facebook memperkenalkan fitur "Who can comment your post" yang membuat penggunanya dapat mengontrol siapa saja orang yang boleh berkomentar di unggahan publik miliknya.

Fitur ini nantinya bisa diakses dengan cara mengeklik titik tiga horizontal yang ada pada unggahan publik milik pengguna. Selanjutnya muncul jendela kecil yang membuat beberapa opsi tindakan. Pengguna tinggal mengklik opsi "Who can comment your post".

Setelah itu, pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa berkomentar pada unggahannya. Facebook menyediakan tiga opsi, yakni publik atau semua pengguna Facebook, Friends (teman), atau profil dan Facebook pages yang pengguna mention (tandai) saja.

Nantinya, fitur ini nggak hanya tersedia bagi pengguna biasa saja tetapi dari akun brand, publik figur, hingga kreator konten juga dapat menggunakan fitur ini. Menurut Facebook, fitur ini bakal membantu pengguna untuk membatasi interaksi yang nggak mereka inginkan. Hal ini mengingat, unggahan publik ini akan ditampilkan dalam News Feed Facebook.

Selain fitur baru di kolom komentar, Facebook juga menyediakan fitur baru yaitu tab "filter feed" di halaman News Feed. Pada News Feed, pengguna akan disuguhkan berbagai postingan dari teman-teman, Facebook Page, dan grup yang diikuti.

Untuk membantu mengontrol dan mengurasi News Feed pengguna, Facebook kemudian merilis dua filter pada News Feed, yakni "Favorites" dan "Most Recent". Favourites memungkinkan pengguna melihat postingan dari maksimal 30 teman atau Facebook Pages yang sudah dimasukkan ke dalam daftar favorit.

Pengguna diberikan opsi untuk mengontrol siapa saja yang boleh berkomentar di unggahan miliknya
Facebook

Pengguna diberikan opsi untuk mengontrol siapa saja yang boleh berkomentar di unggahan miliknya

Baca Juga: YouTube Uji Coba Sembunyiin Jumlah Dislike pada Video, Kenapa?

Selanjutnya, "Most Recent" memungkinkan pengguna untuk mengakses unggahan-unggahan paling baru sesuai kronologi waktu. Nah, dua fitur ini sama-sama berperan sebagai filter di News Feed.

Selain itu, tab baru "filter feed" bakal berperan sebagai pintasan ketika pengguna ingin beralih dari News Feed berdasarkan algortima bawaan Facebook, ke News Feed versi "Favorites" dan "Most Recent".

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest