Follow Us

Pertama Kalinya Dua Sutradara Wanita Dinominasikan di Oscar Awards

Ferry Budi Saputra - Selasa, 16 Maret 2021 | 13:10
Pertama Kalinya Dua Sutradara Wanita Dinominasikan di Oscar 2021
Flickr

Pertama Kalinya Dua Sutradara Wanita Dinominasikan di Oscar 2021

HAI-Online.com - Daftar nominasi Academy Awards atau Piala Oscar diumumkan pada Senin (15/3/2021).

Ada hal menarik dalam Oscar tahun ini yaitu untuk pertama kalinya dua sutradara wanita dinominasikan dalam kategori Sutradara Terbaik yaitu Chloe Zhao (Nomadland) dan Emerald Fennel (Promising young Woman).

Baca Juga: Daftar Nominasi Oscar 2021, Film Mank Jadi Nominator Terbanyak Academy Awards ke-93

Diketahui juga Sutradara Chloe Zhao merupakan wanita Asia pertama yang memenangkan Golden Globe untuk Sutradara Terbaik pada bulan lalu melalui filmnya Nomadland.

Chloe Zhao adalah seorang sutradara yang dibesarkan di Beijing, Inggris, dan Los Angeles. Sutradara dengan nama lahir Zhao Ting ini lahir pada 31 Maret 1982 di Beijing, Tiongkok.

Melansir IMDB, pada awal karirnya Zhao membuat beberapa film pendek termasuk Post (2008) dan The Atlas Mountains (2009). Zhao memulai debutnya di film Songs My Brothers Taught Me, sebuah drama Amerika yang dibuat bersama rekannya, Joshua James Richards.

Sedangkan sutradara Promising Young Woman, Emerald Lilly Fennell merupakan sutradara asal Inggris. Ia juga merupakan seorang aktris, penulis sekaligus penulis naskah.

Dia terkenal sebagai pemeran dalam musim kedua dari seri televisi BBC America berjudul Killing Eve yang mendapatkan dua nominasi Primetime Emmy Awards.

Pada tahun 2020, Fennell memulai debut sebagai sutradara dalam film berjudul Promising Young Woman yang dibintangi oleh Carey Mulligan.

Film itu memulai rilis perdana di Festival Film Sundance dan kali ini film itu juga masuk dalam kategori film terbaik Oscar 2021.

Selain itu, dalam daftar nominasi tersebut, film Mank mendominasi dengan dinominasikan dalam 10 kategori.

Baca Juga: Lady Gaga Bagikan Foto Pertama Proses Syuting 'House Of Gucci'

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest