Follow Us

Waspada! Netflix Dikabarkan Siap-Siap Blokir Pengguna yang Suka Nebeng Akun

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 14 Maret 2021 | 16:30
Ilustrasi menonton tayangan Netflix
PIXABAY/MOHAMED_HASSAN

Ilustrasi menonton tayangan Netflix

HAI-Online.com – Pengguna Netflix yang kerap "nebeng" akun kayaknya mesti waswas. Sebab, platform penyedia on-demand video streaming itu pekan ini dilaporkan mulai memblokir mereka yang biasa memakai satu akun beramai-ramai.

Sejumlah pengguna melaporkan "diblokir" oleh Netflix alias nggak bisa mengakses layanan video tersebut. Muncul sebuah notifikasi yang memberikan syarat agar si pengguna bisa kembali menonton.

"Jika Anda nggak tinggal dengan pemilik akun, Anda perlu memiliki akun Anda sendiri untuk terus menonton," bunyi pesan dalam notifikasi tersebut, sambil menawarkan opsi langganan gratis selama 30 hari dengan membuat akun sendiri.

Baca Juga: Netflix Anime Series DOTA 2 Hadirkan Format Suara Bahasa Indonesia

Apabila penerima notifikasi merupakan pemilik asli akun yang bersangkutan, Netflix pun mensyaratkan verifikasi yang akan dikirimkan lewat e-mail atau SMS ke nomor terdaftar.

Dengan kata lain, mereka yang biasa nebeng akun diharuskan membuat dan memakai akun sendiri kalau nggak mau diblokir.

Seorang perwakilan Netflix yang berbicara kepada The Streamable menerangkan bahwa pihaknya memang sudah mulai melakukan uji coba untuk menutup akses bagi para pengguna yang memakai akun secara keroyokan.

"Tes ini dirancang untuk bantu memastikan bahwa orang-orang yang memakai akun Netflix memang benar-benar mereka yang berhak," ujar sang juru bicara, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (12/3/2021).

Menurut ketentuan penggunaan Netflix, satu akun sebenarnya bisa dipakai oleh beberapa orang, tapi hanya yang serumah saja.

Baca Juga: Taylor Swift Disebut di Serial Netflix, Swifties Malah Ngamok. Kenapa?

Sementara, selama ini orang yang berbagi akun nggak selalu serumah, apalagi pembeli akses akun ilegal yang dijual lebih murah dari harga resmi.

Berbagi akun relatif mudah karena sebelumnya memang nggak aktif dicegah oleh Netflix, di luar membatasi perangkat yang bisa mengakses akun secara bersamaan, berdasarkan paket langganan yang dibeli.

Source : KOMPAS.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest