Follow Us

Muncul Foto Aneh Kapal Melayang di Lepas Pantai, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Hanif Pandu Setiawan - Minggu, 14 Maret 2021 | 10:13
Sebuah gambar unik nan aneh berupa kapal yang melayang di atas cakrawala diabadikan oleh seorang warga Inggris, David Morris.
Dok. David Morris

Sebuah gambar unik nan aneh berupa kapal yang melayang di atas cakrawala diabadikan oleh seorang warga Inggris, David Morris.

HAI-Online.com – Sebuah gambar unik nan aneh berupa kapal yang melayang di atas cakrawala diabadikan oleh seorang warga Inggris, David Morris.

Pria yang berprofesi sebagai pengembang properti itu mengambil foto tersebut di lepas pantai dekat Falmouth, Cornwall, Inggris.

Kompas.com mengutip pemberitaan BBC, 4 Maret 2021, Morris mengaku heran setelah mengambil foto itu sambil memandang ke arah laut.

Bahkan beberapa hari kemudian, foto serupa juga berhasil diabadikan oleh Steven Lomas saat sedang mengemudi di Marsden dalam perjalanannya ke tempat kerja.

Baca Juga: Ilmuwan Bakal Kirim 6,7 Juta Sampel Sperma ke Bulan, Buat Apa?

Foto tersebut menampilkan sebuah kapal tanker minyak tampak "melayang" di lepas pantai South Shields.

"Itu sangat aneh karena saya pernah melihat gambar yang diambil di Cornwall beberapa hari yang lalu. Mata saya tertuju padanya jadi saya menepikan mobil untuk melihatnya lebih jelas," kata dia, dilansir dari BBC, 10 Maret 2021.

Presenter cuaca senior BBC Jen Bartram mengatakan, kapal melayang itu merupakan ilusi optik yang dikenal sebagai fatamorgana superior.

Ia menyebutkan, foto tersebut tampak melayang di atas cakrawala dan paling sering terlihat di daerah kutub.

Bartram menjelaskan, trik cahaya ini terjadi ketika perbedaan suhu antara laut dan udara menyebabkan perubahan kepadatan udara serta memaksa cahaya dari matahari berbelok di sekitar cakrawala.

"Saat cahaya bergerak ke mata kita dari kapal, ia membelok ke arah udara yang lebih dingin dan lebih padat, dan pembiasan inilah yang membuat mata kita berpikir bahwa kapal sebenarnya jauh lebih tinggi dari yang sebenarnya," jelas dia.

"Fenomena yang sama juga dapat membuat objek yang berada di luar cakrawala terlihat oleh mata manusia. Sungguh luar biasa untuk dilihat," lanjut Bartram.

Source : KOMPAS.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest