Follow Us

Bukan Cuman Enak, Makan Pisang Setelah Olahraga Punya Manfaat Besar untuk Tubuh

Annisa Putri Salsabila - Sabtu, 13 Maret 2021 | 14:15
Pisang

Pisang

HAI-Online.com - Siapa sih yang nggak suka pisang? Buah yang satu ini gampang banget ditemuin disegala musim dan merupakan salah satu buah yang bergizi kaya karbohidrat.

Buah ini terbukti bisa membantu meningkatkan kinerja dan pemulihan setelah melakukan aktivitas fisik atau berolahraga.

Baca Juga: Viral di TikTok, Lagu Heartbreak Anniversary - Giveon Kini Rilis Video Klipnya tanpa Dance Samsek

Mengonsumsi makanan kaya akan karbohidrat setelah berolahraga dapat mendorong pelepasan hormon insulin.

Nah, pelepasan insulin inilah yang membantu memindahkan gula dari darah ke sel otot dan kemudian disimpan sebagai glikogen.

Karbohidrat juga membantu sel otot menjadi lebih sensitif terhadap insulin, sehingga lebih mudah untuk mengisi kembali simpanan glikogen setelah berolahraga.

Baca Juga: Pake Sendal Hotel ke Luar Kamar itu Nggak Sopan Lho, Ini 8 Etika Baik Saat Menginap di Hotel!

Kebanyakan orang dapat mengisi kembali simpanan glikogen otot sepenuhnya sebelum latihan berikutnya hanya dengan mengonsumsi makanan kaya karbohidrat.

Karena pisang mengandung karbohidrat yang tinggi, buah ini dapat melakukan pemulihan setelah berolahraga hanya dalam kurun waktu kurang dari 24 jam.

Pisang mampu mempercepat laju pembentukan glikogen otot, serta memastikan kita dapat memulai sesi berikutnya dengan simpanan glikogen yang terisi penuh.

Selain karbohidrat, buah pisang juga menjadi sumber protein yang dapat dimanfaatkan untuk membantu otot kita pulih lebih efektif dari latihan berbasis resistensi.Dalam hal ini, karbohidrat membantu merangsang kemampuan otot untuk menyerap atau memanfaatkan protein, yang pada gilirannya meningkatkan pembentukan otot, serta membatasi kerusakan. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kombinasi ini mungkin tidak diperlukan dalam banyak kasus dan masih butuh lebih banyak lagi penelitian.Mengurangi peradangan

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest