Follow Us

HAI Demos: WHY 70, Unit Electro Pop Bengkulu yang Berikan Kebaharuan

Mohammad Farras Fauzi - Kamis, 11 Maret 2021 | 21:00
WHY 70
WHY 70

WHY 70

HAI ONLINE - WHY 70, sebuah unit Electro / Synth pop yang berasal dari Bengkulu ini baru terbentuk pada bulan Januari 2021 lalu.

Namun, dengan memainkan elemen musik yang kental akan nuansa elektronik dan synth-pop, WHY 70 telah memberikan suatu kesegaran dan hal baru bagi para penikmat musik di Indonesia.

Baca Juga: Setahun Nggak Ada Gigs, Kemendikbud Dukung Konser Digelar Secara Langsung

Sosok bernama Iyam (gitar, synth, vocal) yang sebelumnya memiliki proyek solo mengajak Andhika Trinanda untuk mengisi departemen drum.

Yolanda Meidiantara (bass) dipilih untuk mengisi dan melengkapi musik yang mereka mainkan lewat kemampuanya untuk mengisi bassline yang catchy dan mendampingi sajian elektronika pop dari WHY 70.

Tak lama menunggu, WHY 70 langsung merilis sebuah single berjudul "Candle" yang dirilis pada akhir Februari 2021 berbarengan dengan video musik yang juga digarap dengan rapi dan menarik.

Simak video musik "Candle" di bawah:

Kesan pertama yang ditanamkan oleh jagoan baru dari Bengkulu ini adalah beat dan sound drum menggelegar yang mengingatkan kita akan unsur musik new wave dan synth-pop di era 80-an awal.

Dari segi musikalisasi secara general, "Candle" terdengar seperti lagu pop lain yang memiliki pola dan bait sing-a-long yang tersaji di situ.

Namun jika didengarkan secara seksama, WHY 70 sangat potensial untuk menambah daya jelajah dan ruang dari sisi sound design dan aransemen musik yang memberikan kebaharuan bagi mereka sekaligus para pendengar.

Hal menarik yang dapat diungkap dari WHY 70 adalah bagaimana pengalaman mistis dari sang penulis lagu bisa disulap menjadi sebuah lagu synth-pop nge-beat yang terkesan manis. Hal ini dapat menjadi bentuk antitesa terhadap stigma lagu pop yang kerap kali membicarakan tentang cinta.

Iyam pun membocorkan bahwa ada kejadian mistis yang nyata terjadi dalam pembuatanlagu ini yang nggak bisa diceritakan olehnya. Jika ditelaah lebih dalam, lirik dari "Candle" ini memang terkesan sedikit mistis baginya secara pribadi.

Bercerita tentang latar belakang penulisan lirik "Candle" lewat rilis pers yang HAI terima, WHY 70 mengungkapkan, "Lagu ini menceritakan tentang hilangnya sadar dan kewarasan seseorang yang diiringi oleh perumpamaan cinta. Namun dibalik nuansa musik yang nge-beat itu, Iyam sebagai penulis pun menyatakan nggak memiliki arti dan makna lagu itu secara khusus."

"Kata-kata yang dituliskan dalam "Candle" ini keluar begitu saja tanpa ada perasaan dan kejadiannyata, saya sendiri pun nggak tau kenapa sampai nulis lirik seperti itu," tutupnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest