Follow Us

Aprilia Manganang Bersyukur Usai Dipastikan sebagai Laki-laki

Ferry Budi Saputra - Rabu, 10 Maret 2021 | 11:07
Mantan Atlet Voli Aprilia Manganang Bersyukur Usai Dipastikan sebagai Laki-laki
instagram.com/manganang92

Mantan Atlet Voli Aprilia Manganang Bersyukur Usai Dipastikan sebagai Laki-laki

HAI-Online.com - Pasti pada tau kan Mantan atlet voli putri Indonesia, Aprilia Manganang? Yap setelah melakukan operasi, Aprilia mengaku bersyukur setelah dirinya dipastikan sebagai laki-laki.

Baca Juga: Ini Arti dan Asal Usul Istilah Ice In My Veins dalam Dunia Olahraga

Hal itu diungkapkan Aprilia Manganang dalam konferensi pers bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jenderal Andika Perkasa, pada Selasa (9/3/2021) sore WIB. Pada konferensi pers tersebut, Aprilia Manganang memberikan keterangan secara virtual dari RSPAD Gatot Subroto.

Saat hadir dalam konferensi pers virtual, Aprilia Manganang terlihat sehat. Saat diminta keterangan, Aprilia Mananang sangat bersyukur karena telah dibantu menjalani proses perubahan jenis kelamin ini. "Ini momen yang sangat saya tunggu. Saya sangat bahagia. Saya berterima kasih kepada semua dokter yang sudah membantu saya," kata Aprilia Manganang.

"Selama 28 tahun, saya sudah menunggu hal ini. Saya bersyukur karena tahun ini bisa tercapai," tutur Aprilia Manganang. Aprilia Manganang dipastikan berjenis kelamin laki-laki dari hasil pemeriksaan medis yang sudah dilakukan sejak 3 Februari 2021.

Kepala Staf TNI AD, Jenderal Andika Perkasa menerangkan jika Aprilia Manganang mengalami hipospadia atau kelainan organ reproduksi ketika dilahirkan. Karena keterbatasan peralatan medis saat itu, Aprilia Manganang ditetapkan sebagai perempuan hanya dari tampilan fisik.

Baca Juga: WWE Dibilang Palsu, Randy Orton Ngamok dan Ajak Ribut Soulja Boy

Aprilia Manganang ketika lahir tidak mendapatkan perawatan atau pemeriksaan lanjutan meskipun diketahui mengalami hipospadia. Hal itu tidak lepas dari keterbatasan ekonomi keluarga Aprilia Manganang. Aprilia Manganang pada akhirnya tercatat sebagai perempuan di akta kelahiran maupun di kartu tanda penduduk (KTP).

Andika Perkasa dan pejabat TNI lainnya kemudian melihat ada kejanggalan dari fisik Aprilia Manganang. Dari hasil pengamatan fisik tersebut, Andika Perkasa pada akhirnya langsung meminta Aprilia Manganang menjalani pemeriksaan medis hingga operasi perubahan jenis kelamin.

Jajaran TNI juga bakal mengakomodasi seluruh proses dokumen-dokumen terkait perubahan identitas, termasuk di antaranya pergantian nama dan jenis kelamin. Peruibahan nama sesuai dengan UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang Kependudukan.

Andika berharap Pengadilan Negeri Tondano memberikan dan menetapkan perubahan nama tersebut. "Dari nama sebelumnya, kepada nama yang nanti akan dipilih oleh Sersan Manganang dan orang tuanya," ujar Andika.

Baca Juga: Solskjaer Sebut Pemainnya ‘Menderita’ untuk Akhiri Rekor Man City

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest