Follow Us

Bukan Melvins Atau Kurt Cobain, Julukan 'Godfather Of Grunge' Ada Pada Musisi Ini

Bagas Rahadian - Rabu, 16 Desember 2020 | 11:30
Neil Young
Ultimate Classic Rock

Neil Young

HAI Online.com - Musik grunge atau yang sering disebut Seattle Sound memang selalu identik sama nama seperti Kurt Cobain dan bandnya Nirvana. Sampai mungkin band sludge metal seperti Melvins yang kerap disebut berjasa menaruh pondasi bagi musik grunge di dekade 90an.

Tapi, moniker 'Godfather Of Grunge' justru lama disematkan pada musisi asal Kanada (alih-alih Seattle yang merupakan kota kelahiran style musik ini). Musisi itu adalah Neil Young.

Neil Young, musisi yang melambung di era keemasan Led Zeppelin dan identik sama style musik country tapi dengan distorsi gitar, telah menjadi inspirasi untuk banyak generasi musisi di bawahnya. Tanpa terkecuali para musisi era grunge.

Fyi, The S.I.G.I.T pun punya satu cover dari lagu Neil Young yakni 'Only Love Can Break Your Heart'.

Musik grunge pun disebut lahir berkat inspirasi dari lagu-lagu Neil Young. Dan di era 90an, julukan 'Godfather Of Grunge' pun jatuh kepada Young.

Melansir Far Out Magazine, album tahun 1979 milik Young, 'Rust Never Sleeps', disebut telah membantu mendefinisikan musik grunge era 90an. Terutama dengan distorsi gitar unik yang terdapat pada album ini.

Para personil Nirvana dan band grunge Seattle Tad
revolutioncomeandgone

Para personil Nirvana dan band grunge Seattle Tad

Ketika para band Seattle berada di puncak kesuksesan di tahun 1993, baik Nirvana hingga Pearl Jam pun mengakui Young telah menyadarkan mereka kalau distorsi gitar bisa 'nggak gitu-gitu aja bunyinya'.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Band Grunge Masa Kini yang Nggak Kalah Keren Sama yang Dari 90an

Sementara, hubungan yang lebih personal antara para musikus grunge dengan Neil Young juga sempat terekam. Di catatan bunuh diri Cobain, sang musisi menyertakan lirik lagu Young.

Young pun setelahnya menulis bahwa hatinya remuk ketika mendapati Cobain telah mengutip liriknya sebelum mengakhiri hidup.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest