Follow Us

Henry 'Batman' Foundation Cerita Soal Bikin Video Eksperimen VHS Buat Lagu Utha Likumahuwa

Alvin Bahar - Minggu, 08 November 2020 | 11:00
Henry 'Batman' Foundation dan visualizer-nya untuk Utha Likumahuwa
HAI/Warner Music Indonesia

Henry 'Batman' Foundation dan visualizer-nya untuk Utha Likumahuwa

HAI-ONLINE.COM - Utha Likumahuwa baru aja "bangkit lagi" berkat remix "Sesaat Kau Hadir" dari Pablo Cikaso. “Sesaat Kau Hadir (Pablo Cikaso Remix)” nggak cuma hadir dalam bentuk musik lho, tapi juga visual yang memanjakan mata. Visualizer untuk remix ini diproduksi oleh seniman visual Henry “Batman” Foundation.Selain dikenal sebagai personel Goodnight Electric, Henry adalah artis visual dan sutradara yang sebelumnya dikenal lewat video-video ‘edgy’ yang diproduksinya bersama The Jadugar. Karya Henry bersama The Jadugar adalah berbagai video klip untuk grup-grup independen seperti The Adams, The Brandals, Mocca.Untuk “Sesaat Kau Hadir (Pablo Cikaso Remix)”, Henry memiliki cara unik untuk meng-generate visual.

Baca Juga: Henry Foundation Ikut Yoga Demi Bisa Nulis Lagu Baru untuk Goodnight Electric“Ini memang sejalan dengan proyek visual yang sedang saya kerjakan akhir-akhir ini; Eksperimen dengan pita VHS,” katanya.Henry menambahkan bahwa cara ini cocok untuk gaya musik city pop ala Utha Likumahuwa dan Pablo Cikaso dengan visual ala ’80-an dan ’90-an.“Jadi saya bikin grafisnya, kemudian print visual tersebut ke pita VHS, karena saya memang ada alatnya. Jadi konsepnya, di-print ulang lewat VHS,” jelas Henry soal proses pembuatan visual. “Ternyata hasilnya cukup otentik; kualitas VHS asli dengan resolusi rendah. 'Buruk' tapi estetik; VHS-aesthetics,” paparnya.

Ada video liriknya juga~Di waktu yang sama, Warner Music Indonesia juga merilis video lirik resmi “Sesaat Kau Hadir” yang merupakan kolaborasi artis visual 3D, Okky Firmansyah dengan Alweenos. Prosesnya diawali Okky yang me-render berbagai objek untuk artwork cover Sesaat Kau Hadir Remixes, lalu Alweenos meresponsnya dengan animasi yang advanced.

Lewat video lirik karya mereka ini, “Sesaat Kau Hadir” dikonsepkan sebagai mesin waktu untuk kembali mengenang era penting bagi musik Indonesia.Tonton deh di bawah ini:

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular