Follow Us

Kesaksian Papham Kena Covid-19 karena Kumpul Bareng Temannya, Gejala yang Dirasakan Sekacau Itu!

Al Sobry - Rabu, 16 September 2020 | 13:52
Sempat Kehilangan Indera Penciuman, Komedian Papham Dinyatakan Positif Tertular Covid-19.
(YouTube TRANS TV Resmi)

Sempat Kehilangan Indera Penciuman, Komedian Papham Dinyatakan Positif Tertular Covid-19.

Nah, Papham yang sudah lama tak terlihat di layar kaca itu pun, berani mengungkap apa yang dirasakannya saat virus itu mulai menempel di tubuhnya.

Dalam acara Rumpi, Papham yang diundang virtual itu pun bercerita bahwa dirinya saat ini tengah menjalani pemulihan pasca dinyatakan positif covid-19.

Baca Juga: Beda dengan DKI Jakarta, Jawa Barat Pilih Terapkan PSBM, Apa Bedanya Sama PSBB?

"Pulang ketemuan merek (teman-teman) aku tepar, udah nggak bisa ngapain-ngapain karna batuk terus menerus," katanya memgingat kejadian pertama kali terpapar virus yang menjangkitnya.

Meski berhasil mengatasi batuknya yang kumat, Papham kemudian merasakan lagi gejala yang lebih parah lagi satu hari setelahnya.

Papham merasakan pusing dan pada hari berikutnya indera penciumannya justru tidak berfungsi.

Kondisi ini membuat Papham akhirnya memutuskan untuk melakukan tes swab dan dinyatakan positif corona.

"Aku agak pusing di hidung, kayak orang tenggelam tapi kayak kemasukan air gitu. Terus kayak ada tekanan di hidung tapi aku nggak kesulitan bernapas, nggak ada sama sekali. Cuma kaya pusing, gejalanya bisa tiga atau empat jam,” tuturnya lagi.

“Besokannya itu aku benar-benar kehilangan indera penciuman aku, nggak bisa nyium. Kalo pengecap nggak ada (masalah) sama sekali, makan nggak masalah. Cuma aku nggak bisa nyium. Minyak angin aja biasanya nyengat itu nggak ada (kecium) sama sekali,” kata Papham menambahkan.

Baca Juga: Pengguna Masker Scuba dan Buff Dilarang Masuk KRL, Ini Alasan dan Aturannya

Diketahui kondisi hilangnya indera penciuman ini diakui oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) pada bulan April lalu sebagai salah satu efek samping dari infeksi virus corona.

Bahkan dalam laporannya nggak sedikit pasien Covid-19 yang kehilangan indera penciuman dalam waktu lama, pun begitu setelah dinyatakan sembuh.

Editor : Al Sobry

Latest