Follow Us

Ada 6 Pahlawan Indonesia yang Sering Banget Dijadikan Nama Jalan

Alvin Bahar - Kamis, 06 Agustus 2020 | 19:00
Jl Jenderal Sudirman di Jakarta
Tribunnews

Jl Jenderal Sudirman di Jakarta

HAI-ONLINE.COM - Siapapun yang doyan jalan-jalan dan suka buka aplikasi peta, macam Google Maps, atau Waze, pasti makin sadar, deh, kalo banyak banget nama jalan di Ibu Kota, atau kota-kota lain di Indonesia, sering menggunakan nama pahlawan Indonesia.

Kenapa nama pahlawan? Tentunya untuk mengabadikan dan mengenang perjuangan mereka untuk negara, dong!

Nah, dari sekian banyaknya pahlawan Indonesia yang menyumbangkan jasanya untuk Tanah Air, HAI menemukan ada 6 nama yang paling sering dijadikan nama jalan.

Menyambut hari Kemerdekaan, yuk coba kita kepoin lagi, siapa aja, sih, pahlawan Indonesia yang namanya sering dijadikan nama jalan. Ini dia, 6 pahlawan Indonesia yang sering dijadikan nama jalan!

1. Jenderal Sudirman

Yap! Siapa yang nggak tau pahlawan Indonesia satu ini? Beliau adalah panglima besar Tentara Nasional Indonesia yang pertama, sob! Saking cintanya beliau dengan negara ini, Jenderal Sudirman bahkan sempat berperang walau ia sedang sakit.

Nah, selain namanya digunakan menjadi nama jalan besar Ibu Kota, jalan Jenderal Sudirman atau jalan Panglima Sudirman juga bisa kita temui di antaranya di Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, dan Surabaya.

Baca Juga: Baubau, Desa di Sulawesi Tenggara yang Menggunakan Huruf Korea

2. Tuanku Imam Bonjol

Di Jakarta, jalan Imam Bonjol ini lokasinya nggak begitu jauh dari jalan Jenderal Sudirman.

Beliau sendiri merupakan pemimpin dan pejuang yang berperang melawan Belanda, dalam peperangan yang dikenal dengan nama Perang Padri pada tahun 1803-1838.

Nah, selain di Jakarta, pahlawan bangsa yang berasal dari tanah Sumatera Barat ini juga digunakan namanya untuk nama jalan di Padang (pastinya), Semarang, Medan, Denpasar, atau Solo.

Halaman Selanjutnya

3. R.A. Kartini
1 2 3

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest