Follow Us

Dua Minggu Lagi, Rusia Berencana Rilis Vaksin Covid-19 Pertama di Dunia

Bayu Galih Permana - Kamis, 30 Juli 2020 | 08:18
Ilustrasi vaksin
iStockphoto

Ilustrasi vaksin

HAI-Online.com - Guna membantu perjuangan petugas medis dalam memerangi virus corona, Rusia kemungkinan besar akan merilis vaksin Covid-19 dalam dua minggu ke depan.

Menurut laporan Reuters, sumber orang dalam menyebut bahwa para ilmuwan telah menyelesaikan uji coba vaksin berbasis adenovirus tersebut di fasilitas penelitian di kota Moscow, Gamaleya Institute.

Telah melakukan uji coba tahap awal dan menunjukkan hasil yang positif, Rusia akan mulai mencoba penggunaan vaksin tersebut dalam skala besar pada bulan Agustus besok.

"Persetujuan akan dilakukan dalam dua minggu pertama Agustus. 10 Agustus merupakan tanggal yang diharapkan, tetapi semua dipastikan akan selesai sebelum 15 Agustus," ujar narasumber yang identitasnya dirahasiakan tersebut.

Baca Juga: Frontman Nine Inch Nails Masuk Nominasi Emmy Awards 2020 Berkat Skoring Musik di 'Watchmen'

Sayangnya, banyak pihak yang mengkritik langkah buru-buru Rusia dalam merilis vaksin Covid-19, di mana mereka menilai hal itu dilakukan hanya demi kepentingan prestise semata.

Mengomentari anggapan tersebut, Kepala Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), Kirill Dmitriev memberi bantahan, sambil menjelaskan bahwa pembuatan vaksin itu dilakukan tanpa mengesampingkan keamanan.

"Kementerian Kesehatan di Rusia mengikuti semua prosedur ketat yang diperlukan," jelas Dmitriev.

Baca Juga: Fenomena Sushi 'Glow in the Dark' di Thailand, Diduga Mengandung Plankton

Lebih lanjut, Dmitriev menjelaskan bahwa vaksin Covid-19 itu berhasil dibuat berkat kerja keras dari ilmuwan-ilmuwan Rusia yang berbakat.

"Penelitian vaksin kami didasarkan pada karya para ilmuwan besar Rusia," tutupnya.

Semoga kabar ini bisa menjadi titik terang ya sob sehingga virus corona dapat segera hilang dan semua aktivitas bisa kembali lagi berjalan normal seperti semula. (*)

Source : ladbible.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular