Follow Us

Unpad Buka Pendaftaran Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19, Ini Syaratnya

Bayu Galih Permana - Selasa, 28 Juli 2020 | 12:10
Ilustrasi vaksin
PIXABAY/ULLEO

Ilustrasi vaksin

HAI-Online.com - Tim riset uji klinis vaksin Covid-19 Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung telah mulai membuka pendaftaran peserta pada Senin (27/7) ini.

Melansir dalam laman Unpad, pendaftaran ini dibuka setelah pelaksanaan uji klinis vaksin Covid-19 tahap 3 mendapatkan persetujuan dari Komite Etik Penelitian Universitas.

Ketua dari tim riset uji klinis vaksin Covid-19 Unpad Prof. Kusnandi Rusmil mengatakan, pihaknya membutuhkan sebanyak 1.620 relawan dalam proses uji klinis vaksin ini.

Nantinya, tim hanya akan menyuntikkan vaksin kepada 540 orang saja, sedangkan sisanya bakalan mendapatkan cairan plasebo.

Baca Juga: Keren Abis, Remaja Penderita Autisme Ini Bangun Replika Kapal Titanic Pakai LEGO

Dibuka hingga 31 Agustus 2020, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh calon peserta uji klinis vaksin Covid-19.

Pertama, calon peserta berada pada rentang usia antara 18-59 tahun yang dinyatakan sehat, serta senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan melakukan pembatasan fisik serta sosial selama pandemi Covid-19 berlangsung.

Bakal lebih dulu mendapatkan tes swab maupun tes rapid, calon peserta juga harus dinyatakan nggak boleh memiliki riwayat terinfeksi virus corona.

“Calon peserta akan dilakukan tes terhadap apus tenggorokan (swab test) dan rapid test untuk mengetahui apakah ada kemungkinan sedang atau pernah terinfeksi Covid-19,” jelas Prof. Kusnandi.

Baca Juga: Dua Garis Biru Bikin Angga Yunanda Menang 2 Piala Indonesia Movie Actors Awards 2020

Lebih lanjut, calon peserta harus tidak memiliki kelainan darah atau riwayat pembekuan darah, tidak memiliki penyakit infeksi lain dan demam, serta tidak memiliki riwayat penyakit gangguan sistem imun

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular