Follow Us

Sering Menelan Permen Karet? Ini yang Terjadi dalam Tubuh Kamu!

Bayu Galih Permana - Senin, 27 Juli 2020 | 14:15
Ilustrasi makan permen karet.
Pexels

Ilustrasi makan permen karet.

HAI-Online.com - Siapa yang sering nggak sengaja atau pernah menelak permen karet? Pasti sebagian besar dari kita pernah mengalaminya ya sob.

Ketika nggak sengaja tertelan, orang-orang menilai bahwa makanan tersebut akan mengendap dan bersarang dalam perut untuk waktu hingga lebih dari 5 tahun.

Mengomentari anggapan tersebut, ahli kesehatan dari Maple Holistics, Caleb Backe mengatakan bahwa mitos itu nggak benar alias cuma hoaks.

Caleb menjelaskan, permen karet yang nggak sengaja tertelan nantinya akan keluar dengan sendirinya dalam hitungan minggu saja.

Baca Juga: Goler di Rerumputan Udah Biasa, Pria Ini Piknik di Pucuk Pohon Setinggi 18 Meter

"Beberapa komponen permen karet, seperti pemanis, benar-benar dicerna. Namun, gumpalan permen karet yang sering ditelan nggak akan bersarang dalam tubuh," jelasnya.

Sementara itu, ahli gastroenterologi di University of Chicago dan Associate Director of Adult Nutrition, Edwin McDonald memberi penjelasan bahwa menelan permen karet berulang kali bisa menyebabkan bezoar.

Baca Juga: Impian Terwujud, Henry Cavill Berhasil Rakit PC Gaming Kelas Sultan Seharga Rp 60 Juta

Bezoar sendiri merupakan kondisi di mana massa padat dari bahan yang nggak bisa dicerna mengalami penumpukan di saluran pencernaan dan mengakibatkan penyumbatan.

Jadi, mulai sekarang kalian nggak perlu khawatir sob kalau nggak sengaja menelan permen karet! Meski begitu, jangan sengaja dilakukan ya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest