Follow Us

Pola Pikir Nggak Selalu Sama, Ini 5 Perbedaan Otak Cewek dan Cowok

Dok Grid - Jumat, 03 November 2023 | 13:29
Cewek dan cowok berpikir beda
Edgy.app

Cewek dan cowok berpikir beda

HAI-Online.com - Manusia diciptakan berbeda-beda, namun yang paling mudah dibedakan bukan ras atau suku agamanya, melainkan isi kepala berdasarkan gendernya.

Yap, Michael Gurian dalam bukunya yang berjudul Boys and Girls Learn Differently!: A Guide for Teachers and Parents menjelaskan bahwa ternyata otak laki-laki dan perempuan memang berbeda.

Itu sebabnya, pola pikir umum keduanya juga berbeda sehingga pola belajar dan kerja otak masing-masing individu juga dipengaruhi berdasarkan bentuk dan fungsinya.

Baca Juga: Kurangin Deh 6 Kebiasaan yang Bikin Kecerdasan Otak Merosot Jauh

Dari hasik penelitiannya dengan cara melihat positron emission tomography (PET) dan magnetic resonance imaging (MRI) yang mengurai struktur otak dengan sangat detail, Gurian menyatakan bahwa otak keduanya punya sistem belajar yang berbeda.

"Perbedaan itu berlaku di seluruh dunia kendati ras dan budaya berbeda. Pengaruh kultur pun tak cukup kuat mengalahkan struktur alami otak," ujar Gurian dikutio dari GurianInstiture.com.

Buku Michael Guriaan berjudul What Could He Be Thinking? How a Mans Mind Really Works juga menjelaskan, perbedaan antara otak laki-laki dan perempuan terletak pada ukuran bagian-bagian otak, bagaimana bagian itu berhubungan serta cara kerjanya.

Perbedaan mendasar antarkedua jenis kelamin itu adalah:

1. Perbedaan Spasial

Tahukah kamu, otak laki-laki cenderung berkembang dan memiliki spasial (ruang) yang lebih kompleks seperti kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik.

Nggak heran jika laki-laki suka sekali mengutak-atik kendaraan, sementara perempuan kebanyakan tidak menyukainya.

Bedah otak cowok dan cewek

Bedah otak cowok dan cewek

2. Perbedaan Omongan

Daerah korteks otak pria lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spasial dan cenderung memberi porsi sedikit pada daerah korteksnya untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular