Follow Us

Inilah 5 Hewan yang Nggak Punya Otak, Rata-Rata Hidup di Laut

Hanif Pandu Setiawan - Selasa, 07 Desember 2021 | 18:00
Bintang laut termasuk hewan yang nggak memiliki otak.
Nick Hobgood/Wikimedia

Bintang laut termasuk hewan yang nggak memiliki otak.

HAI-Online.com – Bagi sebuah organisme, otak termasuk bagian penting karena menjadi pusat pengendalian sistem saraf ke seluruh tubuh.

Semua organ tubuh, baik yang bekerja tanpa disadari ataupun disadari bekerja dengan perintah dari otak. Namun pertanyaannya, bisakah suatu organisme hidup tanpa otak?

Menariknya, bagi beberapa hewan, ketiadaan otak nggak jadi masalah bagi mereka. Hewan-hewan tanpa otak ini kebanyakan memiliki habitat di laut.

Namun meski nggak punya otak, mereka tetap bisa bertahan hidup, lho. Buat lebih jelasnya, simak nih 5 hewan yang nggak memiliki otak, dilansir dari Kompas Sains pada Selasa (7/12/2021).

Baca Juga: 5 Fakta Unik Belalang, Si Serangga Canggih yang Punya Banyak Mata!

1. Bulu babi

Bulu babi albino
© A. C. Tatarinov / wikimedia

Bulu babi albino

Bulu babi adalah binatang dengan kulit yang tajam seperti duri dan banyak ditemukan di dasar laut. Namun walaupun tajam dan berbahaya, bulu babi bukanlah hewan beracun.

Bagian dalam tubuh babi hanya terdiri dari organ yang mengatur sistem vaskular dan air. Sistem tersebutlah yang mengatur tekanan air di dalam tubuhnya dan membantu bulu babi terus bergerak dan mengontrol asupan makan.

2. Teripang

Teripang atau sea cucumber juga termasuk hewan yang nggak memiliki otak.

Meski nggak punya otak, teripang adalah hewan yang berbahaya karena bisa mengeluarkan racun bernama holothurin, yang bisa bikin manusia buta permanen. Wah serem juga, ya!

Baca Juga: Inilah 6 Hewan dengan Usia Terpendek, Ada yang Cuma Hidup 24 Jam Doang

Halaman Selanjutnya

3. Ubur-ubur
1 2

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest