Follow Us

Kondisi Otak Pecandu Smartphone Mirip Pecandu Narkoba, Ini Hasil Risetnya

Al Sobry - Jumat, 24 Juli 2020 | 10:29
Kondisi Otak Pecandu Smartphone Mirip Pecandu Narkoba, Ini Hasil Risetnya

Kondisi Otak Pecandu Smartphone Mirip Pecandu Narkoba, Ini Hasil Risetnya

HAI-Online.com - Kondisi fisik otak pada orang yang kecanduan bermain smartphone ternyata sebelas dua belas dengan kondisi otak mereka yang mengonsumsi obat-obatan terlarang (narkoba).

Hal tersebut ditemukan dalam sebuah riset berjudul "Addictive Behaviors" yang dilakukan peneliti dari Universitas Heidelberg di Jerman.

Dikutip HAi dari KompasTekno, dalam riset tersebut, para peneliti melakukan pengujian terhadap 48 orang sebagai sampel. Sebanyak 22 orang di antaranya mengidap smartphone addiction (SPA) alias kecanduan ponsel pintar.

Baca Juga: Dituduh Pakai Narkoba, Bintang Emon Dapet Dukungan Netizen dan Sesama Komika

Riset tersebut dilakukan dengan metode pemindaian otak melalui magnetic resonance imaging (MRI). Hasilnya, terlihat adanya penurunan volume materi abu-abu (gray matter) di jaringan otak bagian inti (insula cortex dan temporal cortex) pada orang yang memiliki SPA.

Kondisi otak pecandu smartphone

Kondisi otak pecandu smartphone

Bagian insula cortex ini berfungsi untuk memproses aktivitas emosional. Apabila volumenya semakin berkurang, hal itu disebut akan mengganggu aktivitas emosional.

Pola ini juga ditemukan pada orang yang kecanduan obat-obatan terlarang.

Selain itu, bagian otak anterior cingulate cortex (ACC), yang berfungsi untuk proses kognitif, juga diklaim mengalami penurunan pada pencandu smartphone.

Sebagai informasi, penurunan aktivitas di ACC ini kerap dikaitkan dengan efek stimulus dari beragam obat terlarang yang mengurangi proses kognitif dari otak.

Baca Juga: Pernah Dengar Ungkapan 'Otak Kosong'? Ternyata Cowok Punya Bagian Itu di Kepalanya

Berdasarkan dua temuan tersebut, ditarik sebuah kesimpulan bahwa kondisi otak pengidap SPA atau kecanduan smartphone ternyata mirip dengan pencandu obat-obatan terlarang. (*)

Artikel ini tayang lebih dulu di Kompas.com dengan Judul Riset Ungkap Kondisi Otak Pencandu Smartphone Mirip Pencandu Narkoba.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular