Follow Us

Sebarkan Bakteri Pneumokokus, Keseringan Ngupil Bisa Sebabkan Kematian

Bayu Galih Permana - Senin, 20 Juli 2020 | 19:30
Ilustrasi ngupil
FirstCry Parenting

Ilustrasi ngupil

HAI-Online.com - Seperti kita tahu, ngupil selama ini udah jadi kebiasaan bahkan hobi bagi sebagaian orang, padahal jika dilakukan keseringan bisa memicu munculnya penyakit berbahaya bahkan berujung kematian.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan ahli klinis dari Liverpool School of Tropical Medicine, Dr Victoria Connor, kontak antara hidung dan tangan saat ngupil menyebarkan bakteri berbahaya yang bernama pneumokokus.

Connor sendiri mengatakan bahwa infeksi yang diakibatkan bakteri tersebut bertanggung jawab atas meninggalnya 1,3 juta anak tiap tahun.

Tingginya kematian yang terjadi akibat pneumokokus menurut Connor disebabkan oleh rendahnya pemahaman tentang penyebaran bakteri mematikan satu ini.

Baca Juga: Pernyataannya Terkait Covid-19 Tuai Kontroversi, Anji Beri Klarifikasi Panjang

"Pemahaman tentang penyebaran bakteri pneumokokus masih rendah, maka dari itu kami ingin mengetahui bagaimana cara penyebarannya," kata Conor yang juga bekerja di Rumah Sakit Royal Liverpool tersebut.

Setelah melangsungkan sejumlah penelitian, Connor dan timnya berhasil menemukan bahwa pneumokokus dapat berpindah dari tangan masuk ke hidung saat kita melakukan aktivitas mengupil atau sekedar menggosokkan tangan ke hidung.

Buat kalian yang belum tahu, bakteri pneumokokus ini bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit mematikan di antaranya meningitis, paru-paru basah, dan infeksi telinga tengah.

Baca Juga: Pria Ini Temukan Botol Penyihir Terkubur dalam Sungai, Isinya Rambut hingga Gigi Manusia

Untuk mencegah hadirnya bakteri tersebut, Conor pun menyarankan agar kita selalu menjaga tangan tetap bersih sehingga resiko yang muncul bisa berkurang.

Hmm, udah tahu kan sekarang sob! Makanya mulai saat ini kalo mau ngupil seperlunya aja deh nggak usah sering-sering. (*)

Source : New York Post

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest