Follow Us

Mirip Joker, Spesies Laba-Laba Baru Ini Dikasih Nama yang Terinspirasi Joaquin Phoenix

Bagas Rahadian - Minggu, 05 Juli 2020 | 18:00
Loureedia Phoenixi
Alireza Zamani

Loureedia Phoenixi

HAI-Online.com - Peneliti di Finlandia baru aja menemukan spesies laba-laba jenis baru yang segera diberi nama menarik, Loureedia Phoenixi.

Latar belakang pemeberian nama itu pun nggak kalah menarik.

Sebab, diketahui kalo nama itu terinspirasi dari aktor Amerika Serikat, Joaquin Phoenix, aktor yang secara brilian memerankan tokoh Joker dalam film stand alone sang penjahat DC Comis pada 2019.

Sementara, alasan nama tersebut dinilai cocok untuk dianugerahkan kepada si laba-laba adalah karena wujud fisiknya yang kabarnya mirip dengan musuh bebuyutan Batman.

Hal ini utamanya terwujud lewat corak pada punggung laba-laba asal Iran tersebut, yang sekilas menyerupai riasan wajah Joker dengan perpaduan warna merah terang dan putih.

Corak ini pun juga diasosiasikan dengan penggambaran Joker versi Phoenix terutama kala memperlihatkan senyum ikoniknya dalam film tersebut.

"Bagi saya, memilih nama yang 'tepat' untuk spesies baru biasanya memakan waktu lama, tetapi itu kegiatan yang menyenangkan," ungkap Alireza Zamani, ahli arachnologi dan taksonomi dari University of Turku, Finlandia, mengutip National Geographic Indonesia.

Baca Juga: Kalung Antivirus Corona Kementan Siap Diproduksi Bulan Depan, Ahli: Virus Masuk Lewat Mulut Kok Ditangkal di Leher?

"Ketika saya melihat film Joker tahun lalu, saya menyadari kesamaan antara laba-laba ini dengan karakter utamanya, yang kemudian dikonfirmasi oleh beberapa teman dan kolega saya."

"Mempertimbangkan semua ini, agaknya merupakan penghormatan yang bagus untuk menyebut spesies tersebut dengan nama yang diambil dari Joaquin Phoenix, sebagai pengakuan atas penggambaran karakternya yang fantastis. Saya harap spesies ini akan sama berkesannya dengan penampilan Phoenix,” ungkapnya.

Masih berdasarkan artikel National Geograpich Indonesia, diketahui jenis laba-laba beludru layaknya Loureedia Phoenixi menjadi jenis pertama yang ditemukan di luar di Mediterania lantaran didapati di negara Iran.

Source : Livescience, National Geographic Indonesia

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest